Samarinda (ANTARA Kaltim) - Berbagai upaya yang dilakukan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kaltim guna mensukseskan Program Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB), salah satunya dengan mensosialisasikan program Genreassi Berencana (Genre) melalui lomba pentas komesdi.

“Berbagai bentuk sosialisasi yang kita lakukan untuk program Kependudukan dan KB, khusus sasaran para remaja melalui program Genre, di antaranya melalui pemilihan duta Genre, lomba pidato dan lomba komedi ,” kata Achmad Taqdir mewaki Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim , Yenrizal Makmur, saat membuka lomba Pentas komedi di Samarinda, Minggu (12/10).

Ia berharap melalui pentas komedi pesan dan isi dari program KB dapat diterima masyarakat khususnya dikalangan remaja. Sehingga mereka menjadi generasi berencana dapat memahami dan berprilaku positif terutama tentang kesehatan reproduksi, mendewasakan usia perkawinan serta terhindar dari pergualan negative seperti pergaulan bebas (Seks para nikah) dan penggunaan obat-obat terlarang (Narkoba).

Achmad Taqdir mengungkapkan bahwa negera Indonesia memiliki penduduk cukup besar yakni peringakat keempat terbesar di dunia setelah Negara Cina, Indi dan Amerika. Adapun jumlah penduduk Indonesia berdasarkan sensus penduduk tahun 2010 mencapai 237,6 juta jiwa. Menurutnya sekitar 64 juta jiwa atau 27,6 persennya adalah penduduk usia remaja yakni 10 sampai 24 tahun atau dengan kata lain 1 dari 4 orag penduduk Indonesia adalah remaja.

“Melalui pentas lomba komedi ini masyarakat dan para remaja dapat mengetahui, memahami pentingnya perencanaan masa depan , mulai pendidikan terencana , berkarir dan bekerja terencana serta menikah dan berkeluarga terencana,” katanya.

Sementara itu ketua panitia pelaksana lomba pentas komedi Harlan Lelana mengatakan diselanggarakannya pentas komedi sebagai bentuk sosialisasi Advokasi dan KIE kepada para remaja yang mudah diterima.

“Pentas komedi Genre 2014 perorangan atau stand up diikuti para pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum. Bagi pemenang lomba juara I, III dan III serta harapan I, II dan III akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan , piala dan piagam dari Kepala BKKBN Kaltim,” katanya.

Harlan menambahkan keluar sebagai juara I pada lomba pentas komedi stand up 2014 adalah Dwi Lutfi dari Fakultan Ekonomi Universitas Mulawarman.(*)

Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014