Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Kaltim H Musyahrim mengatakan Pemprov Kaltim menyalurkan beasiswa kepada 28.606 penerima yang merupakan tahap awal dari total 50.274 calon penerima mulai pelajar hingga mahasiswa.

"Program Beasiswa Kaltim Cemerlang (cerdas, merata dengan prestasi gemilang) yang digulirkan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan bidang pendidikan," ujar Musyahrim di Samarinda, Sabtu.

Di mengatakan bahwa Pemprov Kaltim terus berupaya meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan, antara lain melalui peningkatan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan, memperluas akses, termasuk memberikan beasiswa agar siswa miskin yang berprestasi dapat melanjutkan pendidikan.

Untuk tahun 2014, lanjutnya, Pemprov Kaltim menyediakan anggaran sebesar Rp121,153 miliar khusus untuk Program Beasiswa Kaltim Cemerlang yang disalurkan kepada 50.274 penerima mulai siswa SD hingga kalangan mahasiswa.

Ia menjelaskan bahwa beasiswa untuk 28.606 penerima itu diserahkan langsung oleh Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak. "Penyerahan tersebut merupakan tahap pertama, sedangkan penyerahan tahap kedua segera dilakukan lagi apabila semua prosesnya sudah tuntas.

Untuk penyerahan tahap pertama itu diserahkan kepada pelajar SD, SMP, SMA dan yang sederajat, mahasiswa program diploma, strata 1, spesialis, pendidikan PAUD, profesi, dan program pendidikan luar negeri.

Selain itu, juga diberikan kepada ilmuwan yang sedang melakukan penelitian, kalangan tidak mampu, dan anak-cucu veteran, ujarnya.

Rincian dari 28.606 penerima itu, terdiri diri kualifikasi pengajuan tingkat kabupaten atau kota sebanyak 13.532 orang, perguruan tinggi sebanyak 8.324 orang, magister sebanyak 259 orang, pola kerjasama dengan perguruan tinggi sebanyak 1.095 orang.

Kemudian untuk Program D3 Kesehatan sebanyak 153 orang, dan untuk mahasiswa yang melakukan pendaftaran secara online sebanyak 5.338 orang.

Pemberian beasiswa saat itu juga sekaligus penyerahan kembali mahasiswa penerima beasiswa di perguruan tinggi yang telah menyelesaikan pendidikan di Universitas Mulawarman yang berjumlah 4,246 orang, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) sebanyak 251 orang, dan Universitas Terbuka sebanyak 911 orang.

Menurut dia, Pemprov Kaltim terus berusaha memberikan beasiswa kepada anak-anak di daerah yang tidak mampu maupun mereka yang memiliki prestasi.

Hal ini dilakukan agar bagi mereka yang tidak mampu dan yang berprestasi, tetapi ada kekhawatiran tidak bisa melanjutkan pendidikan karena factor ekonomi, dapat terus bersekolah guna meningkatan sumberdaya yang dimiliki agar ke depan SDM Kaltim terus meningkat, jelasnya. (*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014