Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur Ence Achmad Rafiddin Rizal mengatakan program hilirisasi yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi dan Kabupaten atau Kota se- Kaltim menjadi kunci keberlanjutan produksi perkebunan rakyat.

Menurut Ence Rafidin Rizal di Balikpapan, Rabu, hilirisasi adalah tahap pengolahan produk dari bahan mentah menjadi barang yang memiliki nilai lebih tinggi dan siap dijual kepada konsumen akhir.

Ia mengatakan hilirisasi berperan penting dalam menjaga stabilitas produksi perkebunan rakyat serta menciptakan peluang diversifikasi produk yang bernilai tambah.

"Keberlanjutan produksi hulu dan on-farm sangat tergantung dari rantai pemasaran produk. Industri hilir sangat penting di dalam menjaga produksi dari perkebunan rakyat,"kata Rizal.

Rizal menekankan pentingnya kegiatan Business Matching dan Matchmaking Komoditas Hasil Perkebunan Tahun 2024.

“Kegiatan ini bukan sekadar pertemuan biasa, tetapi ajang strategis untuk mempertemukan pelaku usaha UMKM sektor perkebunan dengan berbagai pihak terkait,” tegasnya saat memberikan arahan pada Business Matching dan Matchmaking Komoditas Hasil Perkebunan Tahun 2024.

Menurutnya kegiatan ini adalah ajang strategis untuk mempertemukan para pelaku usaha UMKM sektor perkebunan dengan pemerintah, baik di tingkat provinsi, kabupaten/kota, hingga instansi vertikal pemerintah pusat.

Selain itu, tujuan utama dari Business Matching adalah membangun jembatan kerjasama yang kuat untuk mendorong pertumbuhan sektor perkebunan di masa depan.

Kegiatan ini merupakan salah satu langkah yang dilakukan Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur untuk memberikan kesempatan kepada para pelaku usaha produk olahan perkebunan dalam menawarkan inovasi dan produknya serta berinteraksi dengan investor atau pembeli, serta mendorong iklim kemitraan dalam sistem agribisnis produk perkebunan.

Sasaran utama dari kegiatan ini adalah meningkatkan jaringan pemasaran produk pelaku UMKM, mendukung peningkatan nilai tambah, serta mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya ekonomi kecil.

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat mempromosikan produk-produk komoditas perkebunan unggulan Kaltim kepada para stakeholder dan dunia usaha.

 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024