Penajam (ANTARA Kaltim) - Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar mendukung keinginan investor untuk membangun pabrik otomotif di Kawasan Industri Buluminung (KIB) Kecamatan Penajam.

KIB milik Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara itu kata Yusran Aspar, sangat layak dijadikan lokasi pembangunan industri.

"Kami memberikan dukungan penuh agar rencana pembangunan pabrik otomotif bisa terwujud, karena KIB sangat cocok dijadikan lokasi pembangunan industri," ungkap Yusran Aspar, Rabu.

Dalam mendukung rencana pembangunan pabrik otomotif itu lanjut Yusran Aspar, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara akan menyiapkan lokasi yang pantas di KIB.

"Bahkan, pelabuhan sudah dibangun untuk menunjang KIB. Selain itu, sejumlah perusahaan juga sudah menyatakan keinginan membangun `power plant' dalam menunjang KIB nantinya," kata Yusran Aspar.

KIB Kecamatan Penajam menurut dia, memang sangat pantas menjadi tujuan para investor membangun pabrik karena sejumlah fasilitas sudah dipersiapkan di kawasan itu.

"Kami akan memberikan kemudahan-kemudahan kepada investor tersebut termasuk soal perizinan. Saya sampaikan, bahwa pantas sekali kalau mereka (investor) memilih KIB Kecamatan Penajam," ujar Yusran Aspar.

Apalagi lanjut Yusran Aspar, dengan rencana pembangunan jalan menunju Jembatan Pulau Balang, sehingga akan semakin memudahkan jalur ke kawasan itu.

"Kami sangat terbuka dan siap, serta menyiapkan waktu untuk membantu mewujudkan pabrik otomotif tersebut," ungkap Yusran Aspar.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara kata dia, akan menyiapkan infrastruktur bagi KIB Kecamatan Penajam tersebut.

Apalagi tambah Yusran Aspar, KIB sudah masuk dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Penajam Paser Utara dan telah menetapkan sejumlah zona industri.

"Bukan hanya itu, semua kebutuhan termasuk listrik dan air bersih juga akan disiapkan, guna menunjang KIB. Sekarang ini juga sedang direncanakan untuk membangun `power plant' dari limbah kelapa sawit. Sesuai dengan rencana, KIB nanti akan disiapkan lahan seluas empat ribu hektare," kata Yusran Aspar.   (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014