Samarinda (ANTARA Kaltim) - PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda  meraih  prestasi tingkat nasional berupa penghargaan  Pembina BUMD terbaik  peringkat  lima dari majalah Business Review yang berlangsung di Financial Hall Graha CIMB Niaga Jakarta.

Penghargaan tersebut diterima  langsung Direktur Utama PDAM Tirta Kencana Samarinda Alimuddin,ST  yang diserahkan oleh  Dirjen Keuangan BUMD Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Penghargaan itu ditujukan kepada Walikota Samarinda Syaharie Jaang sebagai salah satu Pembina BUMD terbaik se-indonesia atas prestasi PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda,” kata Alimudin ST di Samarinda, kemarin.

Ia mengatakan proses penilaian tersebut  dilakukan secara ketat, obyektif, independen, komprehensif dan melalui seleksi.  Kriteria utama penilaian yang digunakan untuk menentukan pemenang diantaranya BUMD yang memiliki kinerja terbaik tahun 2013.

Selain itu  memiliki delta pertumbuhan kinerja 2012-2014 yang terbaik di bidang Keuangan, Pemasaran, Human Capital dan Manajemen Kinerja. Kemudian data keuangan yang dinilai adalah laporan keuangan 2012 & 2013 (audited).  Penilaian  utama adalah kinerja , inovasi dan terobosan yang telah di lakukan pada tahun 2012-2013.

Menurutnya  penghargaan ini  adalah merupakan  amanah sekaligus tantangan buat PDAM Tirta Kencana Samarinda, agar bisa memberikan layanan yang lebih baik lagi kepada pelanggan dan  menjadi motivasi buat karyawan.

Alimuddin  mengaku, tak menyangka PDAM Tirta Kencana berhasil keluar sebagai peringkat lima  terbaik se-indonesia, karena memang penyelenggara sebelumnya tidak menyampaikan jika ada  pemberian penghargaan .  Tim penilai pun bekerja tanpa di ketahui oleh Perusda PDAM..

Dikatakannya bahwa  selama ini dari pusat mengawasi kinerja PDAM tanpa diketahui  semua  BUMD se-indonesia   Ada 18 yang dinominasikan termasuk PDAM Tirta Kencana Samarinda.

“Kami di panggil menjalani serangkaian wawancara yang merupakan bagian dari komfirmasi atas data-data tersebut,  Alhamdulillah akhirnya kami peringkat lima secara nasional,” katanya.

Alimuddin menjelaskan penghargaan  diberikan 2  tahun sekali, yang mana pelaksanaannya telah dimulakan sejak  tahun 2006, ini merupakan kali pertama BUMD dan CEO BUMD Award yang diterima oleh PDAM Tirta Kencana Samarinda.

“Penghargaan yang diraih  menjadi penyemangat kami untuk memberikan layanan lebih baik lagi. Karena apa yang di telah dilakukan  untuk meningkatkan pelayanan tidak sia-sia sebab  ada pihak  luar yang melakukan pengawasan terhadap kinerja PDAM Tirta Kencana Samarinda,“ujarnya(*).

Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014