Dalam upaya membantu remaja menemukan arah hidup dan karir yang sesuai dengan panggilan jiwa, kegiatan rekoleksi karir “My Way My Future” (jalanku masa depanku) sukses digelar di Sangatta, Kabupaten Kutai Timur. 
 
“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada remaja agar mereka dapat lebih mengenal diri sendiri dan potensi yang mereka miliki,” ujar Ketua Panitia HUT ke-XXV Paroki Santa Theresia Sangatta Poltak Sinaga di Kutai Timur, Rabu.
 
Kegiatan ini diikuti sekitar empat ratusan remaja dari berbagai sekolah, Asrama Putra dan Putri Pater Berthier Sangatta, Asrama Putra dan Putri Santo Fransiskus Asisi Sangatta, serta komunitas di sekitar Paroki Santa Theresia Sangatta.
 
Rekoleksi karir yang berlangsung selama satu hari hingga malam tersebut menghadirkan berbagai narasumber inspiratif dari berbagai latar belakang, termasuk para alumni psikologi dari Fisip Universitas Mulawarman dan universitas lainnya. 
 
Para narasumber berbagi pengalaman dan pengetahuan mereka tentang pengembangan diri, perencanaan karir, serta pentingnya memiliki tujuan hidup yang jelas.
 
 “Dengan demikian, mereka dapat membuat pilihan karir yang tepat dan meraih kesuksesan di masa depan," ungkap Poltak Sinaga.
 
Salah satu fokus utama dari rekoleksi ini adalah mendorong remaja untuk menemukan makna hidup dan panggilan mereka. 
 
"Para peserta diajak untuk merenungkan mengapa Tuhan menciptakan mereka dan bagaimana mereka dapat berkontribusi bagi masyarakat," ujar Pastor Paroki St. Theresia Sangatta, Pastor Paulus Emanuel Fay.
 
Rekoleksi karir remaja beberapa waktu lalu, sukses dalam menginspirasi para generasi muda untuk menemukan jati diri dan tujuan hidup. 
 
Materi yang variatif dan narasumber yang kompeten membuat acara ini sangat berkesan. Kolaborasi lintas agama dalam acara rekoleksi kemarin menunjukkan semangat persatuan dan toleransi. 
 
"Hal ini sangat menginspirasi dan menjadi contoh yang baik bagi generasi muda," ujar Divisi HR di departemen Learning & Development PT. Kaltim Prima Coal (KPC) Sakti Prabawa.
 
Pihaknya berharap rekoleksi karir ini dapat menginspirasi para remaja untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan memiliki dampak positif bagi lingkungan sekitar, demikian Suster Verona, Direktur KKI-KASRI: Karya Kepausan Indonesia wilayah Keuskupan Agung Samarinda.
 
“Sejalan dengan ajaran Paus Fransiskus, kami juga ingin memperkuat semangat toleransi antar agama dan membangun masyarakat yang harmonis," ungkap dia.
 
Kegiatan rekoleksi karir bagi remaja Sangatta ini juga disaksikan langsung oleh salah satu General Manager dari PT. Kaltim Prima Coal (KPC) dari siang hingga malam.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024