Perum LKBN ANTARA menggelar pelatihan dasar jurnalistik untuk 60 mahasiswa dari lima perguruan tinggi di Kalimantan Barat yang berlangsung di Aula Universitas Muhammadiyah Pontianak, Sabtu.

Kegiatan yang termasuk dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan ANTARA pada 2024 itu menyasar para pengurus lembaga pers mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah, IAIN Pontianak, Poltesa Sambas, Universitas Panca Bhakti, dan Universitas Tanjung Pura.

"Hal paling penting adalah kami bisa melihat bibit-bibit jurnalis Indonesia yang luar biasa di sini," kata Sekretaris Redaksi Kantor Berita ANTARA Sella Panduarsa Gareta yang menjadi salah satu pembicara dalam pelatihan itu.

Sella optimistis para pengurus lembaga pers mahasiswa itu mampu menghasilkan karya-karya jurnalistik berkualitas pada masa depan, selain punya pengaruh sosial tinggi kepada masyarakat.

Sementara, Kepala Biro Perum LKBN ANTARA Kalimantan Barat Helti Marini Sipayung mengatakan kegiatan pelatihan itu merupakan bentuk pengabdian ANTARA sebagai institusi media untuk menularkan ilmu jurnalistik dan pengembangan profesi jurnalis.

"ANTARA juga punya Tanggung jawab untuk melakukan regenerasi para jurnalis di Tanah Air. Mereka juga bisa menjadi calon-calon pewarta ANTARA nantinya," kata Sella.

Pelatihan jurnalistik itu membahas penulisan informasi layak konsumsi berstandard kantor berita, teknik penulisan, hingga kode etik jurnalistik.

Namun selain pelatihan, Perum LKBN ANTARA bersama Universitas Muhammadiyah Pontianak menandatangani nota kesepahaman tentang pendidikan, pelatihan, pengabdian masyarakat, dan publikasi.

Pewarta: Saniyya

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024