Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur menggelar pelatihan kepada mahasiswa IKIP jurusan olahraga yang sudah menjadi guru dalam upaya untuk meningkatkan prestasi olahraga di Benua Etam.

Kepala Dispora Kaltim Fachruddin Djaprie di Samarinda, Senin, mengatakan pelatihan tersebut diikuti 40 peserta mahasiswa IKIP jurusan olahraga yang sudah menjadi guru berasal dari kabupaten dan kota se-Kaltim.

Acara tersebut digelar pada 19-21 September, di kantor Dispora Kaltim komplek Stadion Madya Samarinda, dengan mendatangkan narasumber profesional dari Jakarta.

"Mereka berasal dari seluruh kabupaten dan kota di Kaltim, kita berharap setelah dapat pelatihan ini mereka bisa mengembangkannya di Daerah masing-masing," kata Fachruddin Djaprie

Menurut dia, untuk melaksanakan program tersebut Dispora Samarinda bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga dengan melibatkan sejumlah narasumber, yakni Adi Purnomo dari Kemenpora serta Dr Ria Lumintuarso, mantan konsultan prestasi KONI Kaltim pada PON XVIII/2012 lalu.

"Pelatihan seperti ini sudah dilaksanakan di tingkat nasional dan pencetusnya doktor Ria," kata Fachruddin.

Kepala Bidang Olahraga Dispora Samarinda Ego Arifin menambahkan, Dispora melaksanakan pelatih dengan maksud agar Kaltim tidak kehabisan pelatih berkualitas.

Menurut dia, untuk mencapai prestasi olahraga yang gemilang maka harus diciptakan pelatih yang memiliki kapabilitas.

"Seorang pelatih bisa menghasilkan atlet berprestasi, bila dia sudah paham dan mengerti akan metode kepelatihan," ujarnya.

Ego mengatakan alasan mengapa pesertanya mahasiswa IKIP yang sudah menjadi guru olahraga, sebab guru tersebut langsung berhadapan dengan siswa setiap hari.

"Kalau sudah dapat pelatihan seperti ini, mereka diharapkan bisa mengetahui potensi atlet berbakat," kata dia.(*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014