Penajam (ANTARA Kaltim) - Pelantikan Ketua DPRD Penajam Paser Utara, periode 2014-2019 dijawalkan berlangsung pada akhir September 2014.

"Kami targetkan akhir Sepetember ini, pimpinan DPRD definitif sudah bisa dilantik dan dalam pekan ini, seluruh alat kelengkapan DPRD bisa terbentuk," ungkap Pimpinan Sementara DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Fadliansyah, Sabtu.

DPRD Penajam Paser Utara kata Fadlansyah, terus berupaya merampungkan alat kelengkapan diantaranya, komisi, Badan Legislasi Daerah (Balegda) sampai Badan Kehormatan (BK) peroide 2014-2019.

Pada periode 2014-2019 lanjut dia, di DPRD Penajam Paser Utara akan dibentuk enam fraksi yakni, fraksi Golkar, PDIP, Gerindra, Demokrat, PKS dan fraksi Gabungan.

"Pada fraksi gabungan, ada enam kursi yakni PAN, PBB, Partai Hanura dan Nasdem. Sedangkan PKB memilih bergabung ke fraksi PDIP," katanya.

Untuk pembentukan komisi lanjut Fadlansyah, masing-masing fraksi akan mengirimkan surat kepada pimpinan sementara, yang berisi nama anggota DPRD yang ditempatkan di masing-masing komisi.

"Pembentukan Balegda dan BK juga wajib dilakukan dan anggota yang akan duduk di alat kelengkapan DPRD tersebut, juga menjadi perwakilan masing-masing fraksi," ujar Fadlansyah.

Sedangkan untuk pengesahan tata tertib (tatib) tambahnya, tetap akan dilaksanakan unsur pimpinan definitif.

"Setelah alat kelengkapan DPRD sudah terbentuk, langkah berikutnya adalah pembentukan unsur pimpinan definitif dan ditargetkan pada akhir September 2014, unsur pimpinan sudah bisa dilantik melalui rapat paripurna," katanya.

"Kami tekankan, fraksi-fraksi segera menyampaikan rekomendasi nama-nama anggota yang akan mengisi di alat kelengkapan DPRD. Sehingga pertengahan bulan ini, alat kelengkapan DPRD sudah terbentuk," ungkap Fadliansyah.    (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014