Tana Paser (ANTARA Kaltim) -  PT Kideco Jaya Agung (Kideco), berhasil membuktikan keseriusannya dalam pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang dibuktikan dengan berhasil menyabet 10 penghargaan dalam bidang CSR Best Practice for MDGs tingkat perusahaan dan perorangan pada ajang Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat (GKPM) Award & Expo Tahun 2014.
  
Direktur Kideco Irawan Z.A. mengatakan, pemberian penghargaan yang berlangsung pada 20 Agustus 2014 yang lalu di Hotel Kartika Candra Jakarta, dihadiri Deputi VII Kemenko Kesra Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Kesejahteraan DR. Ir. Sudjana Royat DEA.

Turut hadir pada kegiatan itu, Asisten Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat Kemenkokesra, Dr. Pamuji Lestari,  Staf Ahli Menteri Bidang Tata Ruang, Pertanahan dan Pemukiman Ir. Arief Setiabudy Canny serta Deputi 1 Pengarustamaan Gender Bidang Ekonomi Kementerian Pemberdayaan Perempuan, dan Anak RI  Sukanti.

Pada pelaksanaan GKPM Award 2014 itu, Kideco berhasil meraih predikat perusahaan terbaik dengan meraih total 10 penghargaan yang meliputi, program perusahaan enam Platinum, satu Gold dan satu Silver. 

Pada program perorangan; satu terbaik pertama tingkat pelaku lapangan dan satu terbaik ketiga tingkat lapangan.

Kideco juga dianugerahi sebagai pelaksana program CSR terbaik tingkat perusahaan.
 
"Alhamdulillah, kami bersukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena ini merupakan prestasi terbaik Kideco pada ajang GKPM Award, sejak kami memulai ikut serta ajang ini pada 2011. Pelan tapi pasti, dari tahun ke tahun kami berhasil meraih prestasi yang sangat baik dan memuaskan di bidang CSR," katanya.

"Penghargaan yang diperoleh ini membuktikan keseriusan dan tanggung jawab kami dalam melaksanakan kegiatan CSR untuk membantu pemerintah dalam percepatan pencapaian Millennium Development Goals 2015," ungkap Irawan.

Sementara, di ajang GKPM Award 2012 dan 2013 lanjut Irawan Kideco hanya berhasil menyebet predikat terbaik. 

Keberhasilan yang berhasil diraih itu menurut Irawan, merupakan wujud komitmen dari Kideco sebagai salah satu perusahaan multi nasional yang mengelola tambang batubara yang beroperasi di Kabupaten Paser.
 
“Penghargaan yang diraih ini adalah hasil kerjasama yang baik dan luar biasa segenap komponen yang berada di sekitar Kideco, baik itu internal maupun eksternal. Kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada jajaran pimpinan manajemen, seluruh karyawan/karyawati maupun kontraktor, sub kontraktor dan seluruh mitra perusahaan," katanya.

GKPM Award 2014 itu kata dia, langsung di nilai oleh tim juri yang kompeten dalam bidangnya masing-masing yakni, untuk kategori perusahaan adalah: Ir. Thendri Supriatno, MBA (Ketua), Erwina Yunarti (Sekretaris), Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, M.S. (Anggota), Ir. Bambang Priatmono (Anggota), Juniati Gunawan, PhD (Anggota), Dra. Sarwat Fardaniyah (Anggota), Asnath M Fuah (Anggota), Erie Sudewo (Anggota), dan  tim Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat.
 
Sedangkan untuk tim penilai kategori perorangan adalah, Ir. Tumpal M.S Simanjuntak (Ketua), Drs. Emman Sugiyanto (Sekretaris), Dra. Sitti Fauziah, M.A (Anggota), Dra. Neny Sabrie, M.M (Anggota), dan Yuli Pertiwi (Anggota).
 
"Keberhasilan yang dicapai selama ini dengan berbagai macam raihan terbaik di tingkat nasional, bukan tidak beralasan. Hal ini dikarenakan begitu seriusnya manajemen Kideco dalam melaksanakan komitmen dan integritasnya dalam hal pelaksanaan program CSR serta dukungan dari berbagai pihak," katanya.  

"Jalan panjang yang dilalui dalam mewujudkan program CSR yang berkuaitas dan berkelanjutan tentu tidak diragukan lagi dan sejak awal kami kami berkomitmen yang dituangkan dalam visi perusahaan yakni 'Menjadi Perusahaan Tambang Terbaik (The Best Coal Mining Company) di Indonesia dan dunia," ungkap Irawan. 

Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat Awards lanjut dia merupakan penyajian aktual kreatifitas program CSR dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang memberikan informasi kepada masyarakat Indonesia dan dunia International, dalam pelaksanaan percepatan pencapaian Millenium Development Goals (MDGs) Indonesia 2015.

"Kegiatan GKPM Award 2014 adalah ajang terakhir dalam kegiatan CSR Best Practice for MDGs, karena pada 2015 adalah dimulainya CSR Best Practice for Sustainability Development Goals (SDGs) yang akan membangun dan melanjutkan Millenium Development Goals dan menyatu dengan agenda pembangunan pasca 2015," ujar Irawan.   (*)

Pewarta: Advetorial

Editor : Masnun


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014