Penanganan dan intervensi stunting merupakan salah satu kegiatan yang diunggulkan oleh Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dalam lomba Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).
 
Di antara keberhasilan intervensi stunting yang dipresentasikan oleh koordinator posyandu setempat pada Jumat (9/8), awalnya terdapat 65 bayi stunting di Kelurahan Gunung Seteleng, PPU, saat pengukuran dan penimbangan Juni lalu, namun setelah ditangani, kini turun menjadi 43 bayi.
 
"Berdasarkan pemaparan dari kelurahan, posyandu, dan lainnya dapat disimpulkan bahwa tingkat gotong royong bidang sosial dan lainnya di Gunung Seteleng ini sangat tinggi," ujar Ketua PKK Kabupaten PPU Linda Romauli Siregar, saat mengikuti penilaian Lomba BBGRM Tingkat Kaltim di Penajam, Jumat.
 
Salah satu gotong royong yang ditunjukkan adalah bidang kesehatan seperti intervensi stunting, sehingga bayi stunting yang masih ada 43 bayi tersebut hingga kini tetap ditangani melalui pemberian makanan tambahan mengandung protein tinggi dan pemberian vitamin.
 
Intervensi stunting masih bisa dilakukan sepanjang anak masih dalam masa 1.000 hari pertama kehidupan (HPK), yakni fase kehidupan dimulai sejak terbentuknya janin saat kehamilan (270 hari/9 bulan) sampai anak lahir hingga usia 2 tahun (730 hari).
 
Selain intervensi oleh pemerintah melalui perangkat sampai ke posyandu, perhatian keluarga di fase 1.000 HPK juga penting, karena di periode ini organ-organ vital seperti otak, hati, jantung, ginjal, tulang, tangan, kaki, dan organ tubuh lainnya mulai terbentuk dan terus berkembang.
 
Koordinator Posyandu Kelurahan Gunung Seteleng Indriani dalam presentasi di depan Tim Penilai Lomba BBGRM Kaltim menjelaskan, intervensi yang dilakukan pihaknya dalam penanganan stunting selain pemberian makanan tambahan dan vitamin juga kunjungan ke rumah.
 
Kunjungan ke rumah warga dilakukan karena tidak semua ibu bisa rutin membawa anak ke posyandu, mungkin karena kesibukan atau sedang tidak enak badan, sehingga kader posyandu yang harus aktif berkunjung untuk memberikan makanan tambahan dan vitamin.
 
Sementara itu, sejumlah hal yang dinilai dalam lomba BBGRM Kaltim ini meliputi gotong royong bidang kemasyarakatan, lingkungan, ekonomi, sosial budaya, dan keagamaan. Namun dari lima bidang ini, nilai plus akan diperoleh jika ada inovasi yang dilakukan.
 
Selain Ketua PKK Kabupaten PPU yang mendampingi dalam penilaian lapangan ini, hadir pula sejumlah pejabat dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) PPU, dari Kecamatan Penajam, lurah Gunung Seteleng, dan sejumlah pihak terkait.
 
Sedangkan tim penilai lomba berasal dari berbagai lintas sektor yang dipimpin oleh Roslindawaty, selaku Kepala Bidang Pemberdayaan Kelembagaan dan Sosial Budaya Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024