Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Timur nyatakan kesiapannya bila Kapolri Jendral Listiyo Sigit Prabowo berkantor di wilayahnya. Hal itu menanggapi belakangan ini, beredar kabar Kapolri bakal berkantor sementara di Mako Polresta Balikpapan sejalan dengan pindahnya ibu kota ke Kaltim tepatnya di Kota Nusantara Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

"Pada prinsipnya, beliau mau berkantor di Mako Kepolisian mana saja di wilayah kami, personel Polda Kaltim siap mendukung," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Kaltim Komisaris Besar Polisi Yulianto saat dikonfirmasi  melalui aplikasi pesan singkat, Sabtu (27/7).

Kombes Yulianto mengatakan untuk kesiapan yang diterapkan bakal menyesuaikan Standar Operasional Prosedur (SOP) di Mabes Polri pusat.

Terkait  Kapolri akan berkantor sementara di Mako Polres Balikpapan, Kombes Yulianto mengatakan tidak memiliki kapasitas untuk membenarkan informasi tersebut.

"Tapi yang jelas mau dimanapun kami siap," tegas Yulianto.

Untuk diketahui, Mako Polresta Balikpapan terletak di pusat kota wilayah yang paling dekat dengan Kota Nusantara yakni di Kota Balikpapan.

Gedung baru itu berdiri di atas lahan seluas 2,3 hektare dan rampung pada akhir tahun lalu. Letaknya, hanya berjarak 5 meter dari bangunan lama yang saat ini sudah dibongkar.

Pembangunan gedung baru Polresta Balikpapan sudah berlangsung sejak 29 Maret 2016 silam, bahkan selama pembangunan itu, jabatan Kapolres Balikpapan sudah berganti sebanyak enam kali.

Untuk anggaran pembangunannya dialokasikan melalui dana hibah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Balikpapan, dengan rincian pada tahun 2015 Polresta Balikpapan mendapat dukungan APBD  sebesar Rp25 miliar, tahun 2016 Rp20 miliar, tahun 2017 Rp 5 miliar, tahun 2018 Rp10 miliar dan tahun 2019  sebesar Rp7,5 miliar.

Adapun wujud fisik bangunan sudah terlihat, namun progres pembangunan gedung terhenti di tahun 2020 akibat pandemi COVID -19 melanda yang berimbas penerapan kebijakan recofusing anggaran.

Memasuki tahun 2023, pembangunan gedung baru Polresta Balikpapan akhirnya kembali berlanjut setelah Pemkot Balikpapan kembali mengucurkan hibah dengan nilai kontrak Rp21 miliar berupa barang,

Pembangunan gedung baru Polresta Balikpapan  tersebut sebagai upaya membangun wajah baru Kota Balikpapan sebagai mitra IKN.

 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024