Penajam (ANTARA Kaltim) - Kinerja Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara, periode 2009-2014, dinlai sukses, karena telah bekerja keras dalam menjalani kemitraan yang baik dan kompak bersama eksekutif.

"Selama lima tahun, kami telah berhasil menjalin kemitraan dengan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara sehingga berbagai program pembangunan di daerah ini berjalan dengan baik," ungkap Ketua DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara periode 2009-2014, Nanang Ali pada rapat paripurna istimewa pengucapan sumpah dan janji 25 anggota DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara masa jabatan 2014-2019, Senin.

Ia mengklaim, selama lima tahun, DPRD telah berupaya secara profesional dan optimal dalam menjalankan tupoksi.

"Beberapa perubahan yang terjadi dari sisi konstitusional, penganggaran serta pengawasan. Dalam pembahasan dan penetapan rancangan peraturan daerah (Raperda) bersama dengan eksekutif, telah berupaya secara maksimal untuk tampil lebih kritis dan proposional dan terbukti dengan menetapkan peraturan daerah (Perda) baru dan perda perubahan karena dianggap tidak sesuai lagi dengan kondisi di lapangan," kata Nanang Ali.

Selain itu lanjut Nanang Ali, dari sisi penganggaran, DPRD juga telah menunjukan kinerja dalam melakukan pembahasan anggaran bersama pemerintah.

Dimana, dalam anggaran iitu lanjut dia, tercermin dari alokasi banyak kegiatan dan program yang berpihak kepada kepentingan masyarakat.

"Dalam pengawasan juga, kami berupaya melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan APBD yang merupakan implementasi dari program-program pemerintah, termasuk pengawasan dalam pelaksanaan perda. Ini terlihat dari meningkatnya kinerja serta pendapatan daerah yang cukup meningkat dari tahun ke tahun," ujar Nanang Ali.

"Atas nama pimpinan dan anggota DPRD periode 2009-2014, kami sampaikan terima kasih kepada bupati beserta jajarannya, unsur musyawarah pimpinan daerah dan instansi vertikal lainnya serta segenap lapisan dan elemen masyarakat atas dukungan dan kerjasamanya yang telah terjalin dengan baik," ungkap Nanang Ali.

Setelah rapat paripurna istimewa dibuka, Ketua Pengadilan Negeri Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Nasrollah kemudian mengukuhkan 25 anggota DPRD masa bhakti 2014-2019.

Usai pelantikan, dilanjutkan penyerahan palu sidang dari mantan Ketua DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Nanang Ali kepada pimpinan sementara Fadliansyah serta wakil sementara Hartono Basuki.

Selain dihadiri Bupati Yusran Aspar, Wakil Bupati Mustaqim MZ, Kapolres AKBP Joudy Mailoor dan Dandim 0904 Tanah Grogot Letkol Arm W Rimoko Ardani, juga dihadiri puluhan pejabat serta ratusan masyarakat.

Sebelum memasuki gedung paripurna, setiap undangan harus menjalani pemeriksaan yang dilakukan polisi dari Polres Penajam Paser Utara.

Satu persatu tamu harus menunjukan undangan dan diperiksa dengan menggunakan metal detektor.   (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014