Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur berencana menyiapkan pemasangan videotron untuk menyiarkan peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Ibu Kota
Nusantara (IKN) yang dihadiri Presiden Joko Widodo.

Sekda Provinsi Kaltim Sri Wahyuni di Samarinda, Kamis, menjelaskan videotron tersebut akan di pasang di sejumlah titik strategis yang ada di semua Kabupaten dan Kota se- Kaltim.

"Tujuan pemasangan videotron, agar seluruh masyarakat Kaltim bisa menyaksikan secara langsung peringatan detik- detik proklamasi secara nasional yang baru pertama kali terlaksana di wilayah Kaltim," kata Sri Wahyuni dalam Konferensi Pers Nasional persiapan HUT ke 79 Kemerdekaan RI di IKN yang digagas Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kementerian Kominfo RI, melalui zoom meeting.

Sekda menambahkan Pemprov Kaltim juga mempersiapkan umbul-umbul dan baliho atau spanduk untuk memeriahkan peringatan HUT ke 79 Kemerdekaan RI.

Umbul- umbul dan spanduk tersebut, kata Sri Wahyuni akan dipasang mulai dari Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, arah jalan tol, Sepaku hingga lokasi IKN.

" Kami juga memerintahkan pemerintah kabupaten dan kota se- Kaltim untuk memasang umbul-umbul maupun spanduk sebagai bentuk menyemarakkan HUT ke 79 Kemerdekaan RI di IKN," jelasnya.

Sri Wahyuni mengungkapkan proses rencana pelaksanaan peringatan HUT ke 79 Kemerdekaan RI akan dimulai sejak awal Agustus 2024. Termasuk, arak-arakan bendera duplikat Sang Merah Putih yang akan dibawa ke kawasan IKN.

Tentunya, sambung Sri, penyambutan tersebut melalui Bandara Internasional SAMS Sepinggan Balikpapan.

Bahkan, akan disambut dengan kearifan lokal, mulai tarian tradisional hingga pakaian adat daerah Provinsi Kaltim. Bukan hanya itu, mobilisasi massa juga dilakukan untuk penyambutan tersebut, contohnya para pelajar untuk menyaksikan arak-arakan tersebut.

"Ini salah satu penerimaan kita sebagai persiapan menyambut momentum sejarah bangsa dan negara di Benua Etam, yaitu pelaksanaan HUT ke 79 Kemerdekaan RI di Provinsi Kaltim, tepatnya di IKN," jelasnya.

Selanjutnya, bagaimana euforia masyarakat maupun sektor wisata hingga penginapan menjelang pelaksanaan dimaksud. Sekda Sri menegaskan, antusiasme masyarakat luar biasa.

Ini dibuktikan dengan keberadaan IKN meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kaltim mencapai 7,3 persen di atas rata-rata nasional pada semester pertama tahun
2024.

Kemudian, koordinasi dan komunikasi dengan berbagai pihak, termasuk keamanan mulai Polri dan TNI juga telah dilakukan demi mendukung keamanan penyelenggaraan tersebut.

Termasuk, Pemprov Kaltim juga meminta pelaku usaha kuliner atau UMKM serta penginapan meningkatkan kualitasnya sehingga memberikan rasa nyaman kepada pengunjung yang akan menginap di Balikpapan maupun Samarinda pada saat menjelang hingga berakhir pelaksanaan HUT ke 79 Kemerdekaan RI.


 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024