Penajam (ANTARA Kaltim) - Tes penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada 2014, akan menggunakan sistem `computer assisted test' (CAT).

Kabid Pengembangan Kepegawaian BKD Kabupaten Penajam Paser Utara, Khairudin, Senin mengatakan, pada tes CPNS melalui sistem SAT tersebut, pihaknya akan meminjam 60 unit komputer dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora).

"Tes CPNS yang akan dilaksanakan dua kali. Pada tes potensi akademik itu akan menggunakan sistem CAT, dimana dalam tes dengan sistem ini, hasilnya bisa langsung diketahui," ungkap Khairudin.

Selain meminjam 60 unit komputer lanjut Khairudin, untuk jaringan BKD akan melakukan koordinasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kementerian Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) untuk menyiapkan fasilitas tersebut.

"Tahun lalu, BKN sudah melaksanakan sistem CAT, sehingga jaringan internet akan mereka siapkan termasuk server," kata Khairudin.

Karena kemungkinan peserta cukup banyak maka pelaksanaan tes nanti lanjut Khairudin, tidak mungkin bisa digelar dalam sehari sehingga kemungkinan akan digelar beberapa hari.

Meskipun tidak dilaksanakan secara bersamaan, Khairudin menjamin soal tidak akan bocor karena akan dilakukan dengan sistem acak.

"Jumlah soal yang telah disiapkan Menpan-RB dan BKN mencapai 13.000 soal dan akan diacak sehingga kemungkinan soal tes bocor sangat kecil. Selain tes potensi akademik (TPA) peserta yang dinyatakan lulus dalam tes tahap awal, akan mengikuti tes kompetensi bidang (TKB)," ujar Khairudin.

BKD Penajam Paser Utara lanjut Khairudin akan membuka pendaftaran bagi calon CPNS mulai 20 Agustus sampai 3 September 2014 secara "online".

"Pelaksanaan tes akan digelar pekan pertama September 2014 digelar di Islamic Center Penajam. Tahun ini BKD akan membuka 145 formasi untuk tenaga teknis, kesehatan dan pendidikan," ungkap Khairudin.   (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014