Samarinda (ANTARA Kaltim) - Dinas Pendidikan Kalimantan Timur siap menggelar pertandingan sepak bola Liga Pelajar Indonesia jenjang SMP dan SMA yang diikuti 50 peserta dari 10 kabupaten dan kota, 25-30 Agustus 2014.

"Ke-50 peserta LPI tersebut terdiri 25 peserta dari jenjang SMP dan 25 peserta dari jenjang SMA maupun yang sederajat baik atlet, ofisial, maupun wasit dari masing-masing kabupaten/kota," ujar Ketua LPI Tingkat Kaltim Basmen Nainggolan di Samarinda, Kamis.

Pada LPI 2013 masih diikuti pelajar SLTP dan SLTA dari 14 kabupaten/kota karena Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) masih ikut, tetapi untuk LPI tahun ini Kaltara tidak ikut sehingga hanya terdapat 10 kabupaten dan kota.

Dia mengatakan bahwa Dinas Pendidikan Kaltim menyiapkan hadiah total senilai Rp150 juta untuk pembinaan bagi para juara. Masing-masing juara baik di jenjang SMP maupun SMA mendapat uang pembinaan yang sama, yakni juara I Rp30 juta, juara II Rp25 juta, dan juara III mendapat uang pembinaan Rp20 juta.

Saat pertandingan sepak bola mendatang kata Basmen yang didampingi PPTK LPI Kaltim Tuti Priyanti, lokasi pertandingannya dibagi menjadi dua, yakni untuk jenjang SLTA digelar di Stadion Segiri Samarinda, sementara untuk jenjang SLTP digelar di Lapangan Bola Unmul Samarinda.

Hingga kini pihaknya masih menunggu konfirmasi kepastian dari kabupaten/kota mana saja yang siap mengikuti LPI, sedangkan batas akhir pendaftaran di Dinas Pendidikan Kaltim adalah pada 18 Agutus 2014.

"Liga sepak bola pelajar ini digelar secara berjenjang, yakni mulai tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, hingga tingkat nasional. Mereka yang berhasil menjadi juara pertama dalam LPI Kaltim akan mengikuiti LPI tingkat nasional yang akan digelar pada kisaran September mendatang," katanya.

Di antaranya tujuan LPI tingkat Kaltim adalah untuk mengembangkan minat dan bakat siswa, memupuk jiwa sprotivitas, dan untuk mencari bibit terbaik agar bisa mengikuti LPI tingkat nasional maupun berbagai kegiatan serupa di tingkat nasional maupun internasional.    (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014