Masyarakat Kota Balikpapan memadati Lapangan Merdeka Balikpapan tepatnya di lapangan 2, Kecamatan Balikpapan Kota untuk melaksanakan ibadah Salat Idul Adha, Senin (17/6).

Di lapangan milik Pertamina tersebut, memang kerap dijadikan wadah untuk umat Islam menggelar Salat Ied baik saat hari raya Idul Fitri maupun Idul Adha.

Dari pantauan ANTARA, di saf bagian depan terlihat General Manager PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) unit Balikpapan Arafat Bayu Nugroho, serta Asisten Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Balikpapan Andi Muhammad Yusri Ramli yang turut membacakan sambutan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud.

Dalam sambutannya, Yusri mengajak para jemaah Salat Ied untuk mendoakan para jemaah haji dari seluruh dunia khususnya untuk para jemaah yang berasal dari Kota Balikpapan.

"Saat ini mereka semua sedang melaksanakan wukuf di Tanah Suci, kita doakan semuanya diberikan kelancaran dan kemudahan dalam ibadahnya," ujarnya

Selain itu juga mendoakan agar para jemaah diberikan kekuatan dan kesehatan dalam menunaikan ibadah haji.

Kemudian mendoakan untuk warga di Palestina, dimana terlihat dari beragam pemberitaan, mereka melaksanakan ibadah Salat Idul Adha dibalik puing reruntuhan bangunan.

"Semoga mereka diberikan keselamatan, perdamaian, dan dapat hidup sebagai bangsa yang merdeka secara hakiki," katanya.

Dalam kesempatan itu, mewakili Pemerintah Kota Balikpapan serta wali kota yang tengah melaksanakan ibadah haji, Yusri mengucapkan selamat melaksanakan ibadah kurban kepada seluruh umat Muslim di Kota Balikpapan.

"Tidak lupa saya ingatkan untuk tetap menjaga kebersihan dan ketertiban kota dan juga sebisa mungkin menghindari penggunaan plastik dalam pengemasan daging kurban yang akan didistribusikan, diganti dengan yang ramah lingkungan," pintanya.

"Semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuk serta perlindungannya kepada kita sekalian, dalam mewujudkan Balikpapan sebagai kota modern dan terkemuka yang nyaman dihuni, dalam bingkai madinatul iman," ujar Yusri..

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024