Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Akmal Malik optimistis kota-kota di Kaltim bisa mewujudkan kota yang liveable atau nyaman dan loveable atau orang senang dan mencintai kota tersebut.

Akmal Malik di Balikpapan, Rabu, mengatakan pesan mewujudkan kota nyaman dan ramah lingkungan tersebut disampaikan Presiden RI Joko Widodo pada Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) XVII 2024 di Balikpapan.

Pada rapat kerja mengusung tema Kota Sejahtera, Indonesia Maju perlu dipahami bersama tersebut Presiden Jokowi mengharapkan agar seluruh kota se-Indonesia mampu menjadi kota yang liveable dan loveable.

"Makanya, tiga kota yang kita miliki, yakni Bontang, Balikpapan dan Samarinda bisa jadi kota masa depan yang ramah lingkungan, ramah terhadap penyandang disabilitas maupun infrastrukturnya betul-betul hijau," kata Akmal Malik.

Akmal meminta agar tiga kota dimaksud dapat memahami apa yang disampaikan Presiden Jokowi, yaitu di Indonesia pada 2045 penduduknya lebih banyak berada di perkotaan dengan jumlah sekitar  70 persen.

"Makanya, kita akan terus dorong pemerintah kota maupun kabupaten di Kaltim untuk memiliki perencanaan detail pembangunan daerah," jelasnya.

Selanjutnya, Akmal meminta agar dukungan Apeksi dapat berkontribusi terhadap pengembangan pembangunan IKN. Sehingga progres pembangunan IKN terus tumbuh baik ke depan.

"Kita harapkan dukungan seluruh pemerintah provinsi, kabupaten dan kota terus menerus dilakukan. Sehingga, pembangunan IKN kelak tumbuh baik dan sukses ke depan," harap Akmal Malik.



 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024