Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud melepas sebanyak 324 calon jamaah haji (calhaj) kloter pertama dari Masjid Balikpapan Islamic Center (BIC), Senin (13/5).

“Saya doakan semoga seluruh jamaah calhaj Kota Balikpapan selalu dalam keadaan sehat menjaga kekompakan bersama sesama calon jemaah haji lainnya dalam memenuhi panggilan Allah SWT," katanya.

 Rahmad juga mengingatkan agar selalu bersama dan tolong menolong sesama para jemaah selama berada di tanah suci, dan juga memanfaatkan momentum ini sebaik-baiknya dengan memperbanyak amalan disana.

"Serta doakan bangsa kita aman dan makmur,” ungkapnya. 

Rahmad Mas’ud juga menyampaikan pesan kepada aparatur yang mengurusi para jamaah calhaj  agar betul-betul  memperhatikan kondisi dan kebutuhan jamaah saat di embarkasi maupun  tanah suci. 

“Bila nanti sudah memasuki embarkasi saya minta tolong perhatikan makanannya terkhusus pada petugas pendamping, petugas haji petugas kesehatan  juga betul-betul untuk diperhatikan para jamaah tersebut,” ucapnya. 

Rahmad meyakini, melalui komitmen bersama baik dari pengurus, petugas haji akan mengawal seluruh jamaah haji Balikpapan. 

 “Jaga kondisi, jaga kesehatan, karena yang lebih tau kondisi itu adalah diri sendiri," katanya.

Dia juga menitipkan agar para jamaah ini menjaga nama baik Indonesia khususnya Kota Balikpapan.

“InsyaAllah saya juga akan berangkat ke tanah suci, di tanah suci nanti saya juga akan menemui calhaj asal Kota Balikpapan untuk memastikan calhaj asa Kota Balikpapan mendapatkan pelayanan yang terbaik,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Kemenag Kota Balikpapan Masrivani mengatakan, calon jamaah haji dari Kota Balikpapan sebanyak 507 orang  termasuk dengan petugas haji.  

“Dari jumlah tersebut, masih ada 17 ribu jamaah haji yang masuk masa tunggu hingga keberangkatan pada 2048,” ujar Masrivani. 

Dikemukakannya  saat ini ada penambahan kuota dari Kerajaan Arab yang biasa 221 ribu orang calhaj. Dimana di tahun 2024 memberangkatkan 241 ribu calon jamaah haji. 

“Ini bisa memangkas masa tunggu haji reguler selama 1 tahun,” ujarnya. 

Masrivani menambahkan jamaah haji Balikpapan terbagi menjadi di 3 kloter. Kloter 1 akan diberangkatkan pada 14 Mei 2024 dan kembali pada 22 Juni 2024.  

“Kemudian calon jamaah haji Balikpapan juga ada di Kloter 14 dan kloter 18,” sebutnya. 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024