Pemerintah Kota Samarinda, Kalimantan Timur memperoleh penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas prestasi sebagai Pemerintah Daerah yang memperoleh Capaian Kinerja Monitoring Center for Prevention (MCP) tertinggi di tahun 2023 tingkat Kota se-Indonesia.

Inspektur Pembantu (Irban) Khusus Kota Samarinda Mukhlis di Samarinda, Minggu menjelaskan penghargaan tersebut diberikan oleh KPK karena Pemerintah Kota Samarinda mampu mencapai peningkatan capaian kinerja MCP yang sangat tinggi dalam setahun.

"Jika data tahun sebelumnya (2022) nilai MCP Kota Samarinda berada di poin 73, dalam setahun (2023) telah berada di poin 88. Padahal target yang yang ingin dicapai hanyalah di angka 80," jelasnya.

Sementara itu, Inspektur Kota Samarinda, Mas Andi Suprianto, menambahkan Pencapaian ini diharapkan bisa meningkatkan kinerja Pemerintah Kota Samarinda dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang bersih dan bebas KKN.

Dia mengapresiasi seluruh pejabat di kota Samarinda yang telah memperjuangkan kinerja dalam pencegahan korupsi sehingga berhasil meningkatkan jumlah pencapaian MCP ini.

Sementara itu Ketua Tim Monitoring MCP menjelaskan bahwa ada 7 (tujuh) area intervensi yang menjadi perhatian khusus menyangkut MCP ini yakni, Perencanaan dan Penganggaran APBD, Pengadaan Barang dan Jasa, Perizinan, Pengawasan APIP (aparat Pengawas Intern Pemerintah), Manajemen ASN, Optimalisasi Pajak Daerah, dan dan Pengelolaan BMD.

“Sepuluh OPD dan bagian di Pemerintah Kota Samarinda yang menjadi penanggung jawab dalam pemenuhan tujuh area intervensi tersebut," jelasnya.

Lukman menambahkan dengan aplikasi jaga.id, inspektorat dan KPK dapat dengan mudah memantau pengendalian dan pencegahan anti korupsi pada masing-masing area Intervensi.

Oleh karena itu, Lukman mengimbau kepada semua OPD dan lembaga Pemerintah agar meningkatkan integritas dan kesadaran dalam mencegah tindakan Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN) demi pemerintahan yang bersih dan berorientasi pada kepentingan masyarakat.

Prestasi ini, telah melengkapi penghargaan yang diraih Pemkot Samarinda diantaranya predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Laporan Keuangan tahun 2023 dari BPK Perwakilan Kaltim, Pemerintah Daerah Berkinerja Tinggi Peringkat ke 8 Secara Nasional, dan penghargaan sebagai Kota terbaik dalam pembangunan daerah di Kaltim.
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024