Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa berhasil menggelar kegiatan Teknologi Tepat Guna (TTG) ke -  X Tingkat Provinsi Kalimantan Timur tahun 2024.

Dalam acara tersebut, Pemprov Kaltim memberikan piagam penghargaan kepada perusahaan, yang membantu Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Desa/Kelurahan dalam memberdayakan masyarakat di Desa/Kelurahan di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Salah satu perusahaan yang menerima piagam penghargaan dari Pemerintah Provinsi Kaltim tersebut adalah PT PAMA Baya karena dinilai telah membantu perkembangan Posyantek Desa/Kelurahan di Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak pemerintah yang telah memberikan pengharagaan ini dan kami juga mengapresiasi  seluruh Posyantekdes yang memiliki inovasi dalam memberdayakan masyarakat. Ini harus terus dilakukan secara konsisten kedepannya,"  kata Project Manager PT PAMA Baya, Fedo Ferdiansyah melalui CSR Dept Head PT.PAMA- Baya, Yosua E. Pangkut di Samarinda, Rabu.(24/4).

Yosua menilai, banyak sekali potensi-potensi yang harus terus digali oleh Posyantekdes yang ada.

Menurutnya  potensi dan pengembangan inovasi mereka harus lebih diperkuat lagi. Bayangkan saja dari pengelolaan sampah plastik apapun jenisnya ini bisa dijadikan produk paving blok yang bernilai jual tinggi.
 

Baya, Yosua E. Pangkut saat menerima penghargaan (Antara Kaltim/PAMA baya)


 Ketua atau Inovator Posyantek Desa Suka Maju, Yayuk Sehati sangat bersyukur atas pencapaian yang telah diraih olehnya. Inovasi tersebut adalah pengelolaan sampah plastik menjadi produk paving blok.

"Alhamdulillah bisa meraih kategori berprestasi , dari Posyantek Desa Suka Maju. Kami sekarang memang memanfaatkan sampah plastik menjadi produk paving blok yang kita jual," ungkapnya.

Yayuk memaparkan, produk paving blok tersebut kini tengah gencar untuk dipasarkan. Salah satunya untuk kebutuhan taman, dan lain sebagainya.

 "Sekitar ribuan pcs sudah terjual, harganya per biji  Rp 7.000,  Alhamdulillah, pendapatannya nanti bisa untuk pemberdayaan masyarakat sekitar," ucapnya.

Dia juga berterima kasih kepada  seluruh perusahaan terkait yang telah berkontribusi dan membina Posyantek Desa Suka Maju, dalam mengembangkan inovasi.

"Harapannya, semoga lebih baik lagi dan  ke depan akan  mengembangkan lagi inovasi-inovasi lainnya,” kata Yayuk.

Sementara penyerahan piagam penghargaan berlangsung di Hotel  Puri Senyiur di Jalan  Ruhui I No. 26, Gunung Kelua, Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda.(Adv)
 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024