Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Timur berupaya meningkatkan produktivitas ketenagakerjaan dengan menyiapkan sumber daya manusia berdaya saing melalui pelatihan tenaga kerja.

"Program pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan sertifikasi kompetensi di sektor-sektor tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kaltim Rozani Erawadi di Bontang, Rabu.

Berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Kalimantan Timur menempati peringkat kedua dalam produktivitas tenaga kerja pada 2022.

"Prestasi ini harus bisa dipertahankan melalui program-program yang tepat seperti program pelatihan tenaga kerja, kami harapkan sumber daya manusia di Kaltim mampu bersaing dalam mengisi kebutuhan tenaga kerja di berbagai bidang," katanya.

Kepala Bidang Pengembangan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Timur Muhammad Abduh mengatakan program pelatihan ini dilaksanakan selama empat hari, 23-26 April 2024 di Bontang.

"Program pelatihan ini telah memasuki angkatan kedua tahun 2024 dengan peserta berjumlah 25 orang. Kami menghadirkan narasumber dari Instruktur Produktivitas dan Kamar Dagang Industri Indonesia (Kadin) Provinsi Kalimantan Timur," katanya.

Ia menjelaskan metode pembelajaran yang digunakan ceramah dan diskusi serta tanya jawab antara peserta dan narasumber.

"Kami berharap para peserta pelatihan bisa memanfaatkan kesempatan belajar ini dengan sebaik mungkin, supaya mereka semakin siap dan punya kualitas di bidang pekerjaannya masing- masing," katanya.

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024