Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur memberikan beasiswa berprestasi kepada 1.500 pelajar SD hingga SMA yang berhasil mendapat peringkat 10 besar nilai tertinggi dalam ujian nasional maupun ujian sekolah 2014.

"Kuota penerima beasiswa prestasi 10 besar dalam UN dan US sebanyak 1.500 siswa, yakni dari SD dengan kuota 375 penerima, SMP 375 penerima, dan SMA dan yang sederajat terdapat 750 penerima," kata Ketua Tim Pengelola Beasiswa Kaltim Cemerlang Basmen Nainggolan di Samarinda, Selasa.

Saat ini proses transfer dana sedang berjalan karena sudah diketahui siapa saja yang berada dalam 10 besar. Proses pendaftaran untuk memperoleh besiswa di kabupaten maupun kota masing-masing juga sudah tutup.

Untuk jenjang SD mendapat beasiswa prestasi senilai Rp500 ribu per siswa. Total dana beasiswa prestasi Ujian Sekolah (US) jenjang SD senilai Rp187,5 juta, berasal dari Rp500 ribu per siswa dikali dengan 375 siswa.

Untuk siswa SMP yang mendapat peringkat 10 besar dalam Ujian Nasional (UN) mendapat beasiswa Rp1 juta per siswa. Total kuota beasiswa prestasi yang disiapkan sebanyak 375 orang sehingga total dana yang disiapkan mencapai Rp375 juta.

Sedangkan untuk jenjang SMA/MA/ SMK, bagi yang berhasil masuk dalam peringkat 10 besar UN mendapat beasiswa prestasi senilai Rp1,5 juta per siswa.

Total kuota yang disiapkan untuk SMA dan yang sederajat mencapai 750 penerima sehingga dana yang siap dikucurkan bagi yang mendapat peringkat 10 besar dalam UN 2014 mencapai Rp1,125 miliar.

Menurut Basmen, beasiswa prestasi dalam UN dan US diberikan sebagai motivasi bagi penerima, yakni agar yang bersangkutan semakin rajin belajar dan meningkatkan ilmu yang ada supaya di jenjang pendidikan yang lebih tinggi lebih pintar.

Selain itu, beasiswa diberikan juga untuk memacu siswa lain agar lebih aktif dan mengembangkan potensinya, yakni dengan harapan agar di jenjang pendidikan yang lebih tinggi ke depan dapat memperoleh beasiswa berprestasi. (*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014