Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Guna mencari bibit-bibit atlet berpotensi, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kutai Kartanegara melaksanakan kegiatan Talent Scouting (TS) atau pemanduan bakat bagi siswa SMP.

"Tahun ini TS kami laksanakan untuk siswa SMP di Muara Jawa pada April 2014," ujar Kepala Dispora Kutai Katanegarar H Fitriady, melalui Kepala Seksi Iptek Informasi Keolahragaan H Suwandi, Jumat.

Kegiatan tersebut kata H Suwandi strategis untuk meningkatnya olahraga prestasi dan kompetensi olahraga, sebagaimana tolak ukur kinerja dengan indikator capaian program melalui Pusat Pembinaan Latihan Olahraga Pelajar Daerah (PPLPD), yaitu meningkatnya pembinaan atlet.

Pada pelaksanaan TS di Muara Jawa tersebut diikuti 200 siswa dari tujuh SMP dan sedarajad, yang dilaksanakan mulai 26 sampai 28 April 2014 tadi.

Dia menjelaskan, TS tersebut dilakukan dengan cara mengetahui postur atau fisik anak, meliputi tinggi dan berat badan, tinggi duduk, kemampuan tinggi ketika meloncat, ukuran rentang tangan dan sebagainya, serta kemampuan kekuatan fisik dan kelincahan.

"Dengan mengukur postur dan kemampuan fisik anak maka dapat diketahui potensi siswa yang bersangkutan sesuai bakatnya dalam olahraga," ujar H Suwandi.

Dikatakannnya, berdasarkan hasil tes dan pegukuran sport search (pencarian bakat olahraga) tersebut, masing-masing siswa direkomendasikan untuk memilih satu atau lebih dari lima cabang olahraga (Cabor) yang disarankan tim TS.

"Dari 200 Siswa SMP di Muara Jawa itu paling potensial di cabor Loncat Indah, Sepatu Roda, Basket, Volly, Sepeda, Sepak Bola, Dayung dan Layar," katanya.

H Suwandi mengatakan,  hasil tes dan pegukuran sport search tersebut juga diberikan untuk sekolah masing-masing, agar sekolah dapat memberikan pelajaran atau latihan khusus sesuai bakat cabor yang dimiliki siswa yang bersangkutan.

"Jadi ketika kami memerlukan atlet untuk cabor tertentu, maka kami bisa mengambil dan membina lebih lanjut siswa yang telah mengikuti TS tersebut melalui PPLPD," ujarnya.

Rencananya kegiatan TS tersebut juga akan dilaksanakn di kecamatan-kecamatan lainnya se Kukar. Sebelumnya, Dispora Kukar juga telah melaksanakan TS di Tenggarong untuk sejumlah siswa dari beberapa kecamatan di sekitarnya.    (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014