Kepolisian Resor Kota (Polresta) Samarinda, Kalimantan Timur, menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di wilayahnya.

"Sidak ini untuk mencegah kecurangan penjualan bahan bakar minyak (BBM) selama arus mudik Lebaran 2024," kata Kepala Polresta Samarinda Komisaris Besar Polisi Ary Fadli di Samarinda, Sabtu.

Kapolresta menjelaskan bahwa sidak ini merupakan bentuk antisipasi terhadap pelanggaran hukum oleh pengelola maupun konsumen SPBU saat melakukan transaksi.
 
Kegiatan ini, kata dia, merupakan wujud peran kepolisian sebagai pengayom dan pelindung masyarakat dalam menjaga iklim kondusif di daerah ini, khususnya terkait dengan ketersediaan dan distribusi BBM bagi pengguna kendaraan bermotor dan pengelola SPBU.

Dalam sidak tersebut, Kapolresta memeriksa sejumlah aspek, antara lain, ketersediaan stok BBM, keakuratan takaran dispenser, hingga kepatuhan pada aturan penjualan BBM.

"Bagi pengelola SPBU yang terbukti melakukan kecurangan, akan dikenai sanksi tegas sesuai dengan peraturan yang berlaku," tegas Kombes Pol. Ary mengingatkan.

Baca juga: Polresta Samarinda siap amankan arus mudik Lebaran

Ia mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan melaporkan kepada pihak berwajib jika menemukan praktik kecurangan di SPBU.

"Masyarakat juga untuk selalu tertib dan mengikuti aturan saat membeli BBM di SPBU," katanya.

Dua SPBU yang menjadi sasaran sidak adalah SPBU COCO 61.751.02 di Jalan Slamet Riyadi dan SPBU 64.751.19 di Jalan K.H. Mas Mansyur, Kota Samarinda. Petugas dari Unit Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Tipideksus) Satreskrim Polresta Samarinda melakukan pengecekan terhadap dispenser BBM subsidi dan nonsubsidi.

Petugas mencocokkan jumlah pengeluaran BBM yang tertera di mesin dengan BBM yang keluar dari mesin. Selain itu, petugas juga mengecek kondisi kelayakan mesin-mesin tersebut dan mendata ketersediaan BBM di masing-masing SPBU.

Berdasarkan hasil sidak, kata Kapolresta, tidak ditemukan adanya kecurangan atau hal-hal yang dapat merugikan konsumen. Mesin cor BBM rata-rata berfungsi baik dan normal.

Kombes Pol. Ary juga menyarankan kepada petugas SPBU untuk sesering mungkin mengecek kondisi mesin dan stok BBM.

Baca juga: Harga tiket melonjak tidak pengaruhi pemudik di Bandara Balikpapan

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024