Kepolisian Resor Kota (Polresta) Samarinda, Kalimantan Timur, menyatakan siap mengamankan arus mudik Lebaran 2024 melalui Operasi Ketupat Mahakam dimulai dengan apel gelar pasukan pada 3 April 2024.
 
"Operasi ini bertujuan untuk memberikan pelayanan dan pengamanan kepada masyarakat yang akan mudik maupun yang masuk ke Kota Samarinda," kata Kapolresta Samarinda Komisaris Besar Polisi Ary Fadli di Samarinda, Jumat.
 
Dikemukakannya, Posko pelayanan yang disiapkan, yakni Posko Pelayanan Lamin Etam depan Kantor Gubernur Kaltim, kemudian di Bandara APT Pranoto sebagai posko pelayanan terpadu, Pelabuhan Samarinda Jalan Yos Sudarso sebagai Posko pelayanan di pelabuhan, dan terdapat delapan pos pengamanan di titik-titik keramaian seperti mal dan terminal.
 
Selain itu, Polresta Samarinda juga akan melakukan patroli mobile untuk memantau situasi keamanan dan kelancaran arus lalu lintas.
 
Polresta Samarinda menyiapkan 390 personel dibantu personel dari TNI, Dinas Perhubungan (Dishub), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar).
 
"Mereka akan bersinergi dalam pengamanan jalur mudik dan balik di Samarinda," kata Ary Fadli.
 
Ary mengimbau masyarakat yang akan mudik melalui jalur darat atau laut untuk membeli tiket jauh-jauh hari. "Bagi yang mudik dengan kendaraan darat, pastikan kendaraannya dalam kondisi prima," ujarnya.
 
Selain itu, Ary mengingatkan masyarakat untuk menitipkan rumah kepada kerabat yang dipercaya, atau jika tak ada kerabat, bisa dititipkan Ketua RT atau satpam komplek setempat jika ditinggal mudik.
 
Jika tidak ada, ia menyarankan ke kantor Polsek terdekat.
 
Ary berharap mudik Lebaran tahun ini berjalan lancar dan aman tanpa hambatan. Ia mengimbau kepada masyarakat yang akan mudik Lebaran untuk selalu berhati-hati dan mematuhi peraturan lalu lintas.
 
Ary juga meminta masyarakat untuk selalu waspada terhadap aksi kejahatan selama perjalanan mudik. Jika melihat hal-hal yang mencurigakan, segera laporkan kepada petugas kepolisian terdekat.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024