Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur turut melaksanakan Gerakan Pangan Murah (GPM) serentak secara nasional digelar pada Senin, 1 April 2024 mendatang di Halaman Museum Kota Samarinda Jalan Bhayangkara, Samarinda. 

Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Kaltim, Amaylia Dina Widyastuti di Samarinda, Jumat, mengatakan gerakan pangan murah ini bertajuk Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan periode Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) jelang Idul Fitri 2024.

"Pelaksanaan GPM ini akan serentak seluruh Indonesia, secara hybrid, ada zoom meeting. Acara mulai tepat pukul 08.00 WIB. Jadi di Kaltim, tepat jam 09.00 WITA," terang Amaylia.

Kegiatan GPM di Kaltim rencananya akan dihadiri oleh Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik dan terbuka untuk masyarakat umum.

"Masyarakat dapat membeli kebutuhan pangan pokok dengan harga terjangkau," jelasnya.

Kegiatan Gerakan Pangan Murah ini diprakarsai oleh Badan Pangan Nasional yang digelar serentak di seluruh provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia.

Beragam komoditas pangan yang dijual melalui GPM serentak antara lain beras, cabai, minyak goreng, bawang, gula, dan lainnya.

GPM serentak hadir untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan seiring dengan meningkatnya permintaan bahan pangan jelang Hari Raya Idul Fitri 2024.
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024