Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Samarinda Kalimantan Timur, mengingatkan para peserta JKN yang rutin memeriksakan kesehatan di rumah sakit, segera mengurus pembaruan surat rujukan sebelum cuti bersama dan libur lebaran.
 
"Saat cuti bersama dan libur Idul Fitri 1445 H selama delapan hari pada 8-15 April 2024, rumah sakit memang masih buka, tapi untuk administrasi rujukan biasanya tutup, jadi hal ini harus diperhatikan," kata Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Samarinda Citra Jaya di Samarinda, Rabu.
 
Ia kembali menegaskan, peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang rutin mengakses layanan kesehatan di rumah sakit, tidak lupa mengecek tanggal kadaluwarsa surat rujukan, jika hampir kadaluwarsa, diminta segera mengurus pembaruan surat rujukan tersebut.
 
Citra juga mengingatkan untuk selalu memastikan kepesertaan JKN baik diri sendiri maupun keluarga dalam kondisi aktif, agar tidak terkendala ketika mendadak sakit atau perlu pelayanan kesehatan.
 
"Kami juga mengajak semua untuk menjaga kesehatan selama bulan puasa, mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, mengurangi makanan tinggi gula, perbanyak asupan air putih, istirahat cukup, dan usahakan tetap berolahraga ringan," katanya.
 
Terkait dengan layanan fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan, saat ini BPJS Kesehatan Cabang Samarinda telah menjalin kerja sama dengan 36 rumah sakit (RS) dan klinik, meliputi di Samarinda (19), Kutai Kartanegara (4), Bontang (5), Kutai Timur (6), dan di Kutai Barat (2) RS.
 
Rinciannya, 19 di Samarinda meliputi RS AW Sjahranie, Atma Husada, IA Moeis, SMC, Dirgahayu, Qurrata Ayun, Tentara, Siaga, Hermina, Aisyiah, Korpri Kaltim, Mata Kaltim, Jimmy Medika, Haji Darjat, Klinik Mata SMEC, Utama Matahari, Utama Graha, Utama Kasih Bunda, dan Klinik Utama Rachmi.
 
Kemudian di Kutai Kartanegara meliputi RS Parikesit, Aji Batara Agung, Dayaku Raja, Klinik Utama Nur Bersaudara, di Bontang meliputi RS Taman Husada, Pupuk Kaltim, Islam, Amalia, LNG Badak.
 
"Di Kutai Timur meliputi RS Medika, Kudungga, PKT Prima, Cahaya Sangatta, Sangkulirang, Maloy Sangatta, di Kutai Barat ada RS Harapan Insan Sendawar dan RS Santa Familia," kata Citra.
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024