Sekretariat DPRD Kabupaten Paser menggelar forum perangkat daerah dan lintas perangkat daerah dalam rangka penyempurnaan rencana kerja (Renja) Sekretariat DPRD Paser tahun 2025.

"Harapannya ada saran dan rekomendasi untuk perbaikan dan penyempurnaan rencana kerja yang kami susun di sekretariat DPRD sehingga Renja daerah tahun 2025 akan semakin komperehensif dan berkualitas," kata Sekretaris DPRD Paser M. Iskandar Zulkarnain di Tanah Grogot, Jumat.

Zulkarnain menjelaskan Renja Sekretariat DPRD Paser  memiliki sasaran strategis untuk meningkatkan pengelolaan keuangan dan kinerja organisasi yang akuntabel serta meningkatkan dukungan pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD.

Ia menyebutkan Renja Sekretariat DPRD 2025,  memiliki dua program utama yaitu penunjang urusan pemerintahan daerah Kabupaten/Kota dan program dukungan pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD yang pelaksanaannya di bawah koordinasi  bagian umum dan keuangan, bagian persidangan dan perundang-undangan serta bagian fasilitasi penganggaran dan pengawasan.

"Kami memfasilitasi tugas dan fungsi DPRD.  Setiap keputusan alat kelengkapan dewan harus sesuai dengan alur birokrasi dan itu menjadi tanggung jawab sekretariat DPRD untuk memastikan hal itu berjalan dengan benar. Kualitas kerja DPRD berjalan lurus dengan kualitas sekretariat DPRD Paser," ujar dia.

Zulkarnain mengungkapkan keberhasilan sekretariat dalam melaksanakan tugas dan fungsinya diukur melalui indikator penilaian utama (IKU) yaitu indeks kepuasan pelayanan sekretariat.

''Karena indeks kepuasan tersebut bersifat subjektif, kami mengimbangi penilaian itu dengan dua indikator lainnya yaitu persentase perda yang ditetapkan sesuai target, dokumen KUA PPAS dan perda APBD yang disusun tepat waktu dan memastikan rekomendasi pengawasan DPRD ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah," katanya.

Ia  menuturkan untuk memastikan indikator tambahan itu berjalan sesuai rencana, pihaknya memberikan pengingat kepada anggota DPRD melalui kalender kerja yang berisi penjadwalan tugas utama DPRD.

"Kami menyusun matrik, jadi seluruh kegiatan DPRD sudah terpetakan dalam matrik  yang kemudian kami proyeksikan ke dalam kalender kerja," ujar Zulkarnain.(Adv)

 

Pewarta: R. Wartono/Mekka

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024