Kirab piala Adipura Kencana mulai dari Balai Kota Balikpapan, Minggu (9/3) besok sekitar pukul 08.00 Wita dan berakhir di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome Balikpapan sekitar pukul 09.00 Wita.

“Peserta nantinya melintasi Jalan Jenderal Sudirman, kemudian masuk ke Marsma R Iswahyudi, kemudian Syarifuddin Yoes dan masuk ke jalan Ruhui Rahayu II dan memutar di depan Kantor Dishub Balikpapan,” kata Asisten Tata Pemerintahan Zulkifli di Balikpapan, Sabtu (9/3) .

Zulkifli menerangkan dalam kirap piala Adiipura itu akan melibatkan rombongan pengendara sebanyak 25 mobil dan 100 sepeda motor. Setibanya di Jalan Ruhui Rahayu II peserta kirab piala Adipura  akan disambut oleh peserta pawai taaruf Ramadan.

“Mereka nanti menunggu di sekitar Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Pekerjaan Umum (DPU), totalnya ada 800 peserta baik itu dari drum band, pelajar MI dan MTS, dan nanti bersama-sama menuju ke BSCC Dome,” terangnya.

Selain itu, lanjut Zulkifli pihaknya menerima informasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Balikpapan juga akan menurunkan 1000 pelajar yang akan disebar di beberapa titik lokasi.

“Mereka ada yang ditempatkan di depan Rumah Jabatan Wali Kota. dan ada di sisi kanan dan kiri jalan masuk ke BSCC Dome,” sebutnya.

Hal itu mengingat selain piala Adipura Kencana yang diarak juga bersamaan dengan 46 piala Adiwiyata yang berhasil diraih dari berbagai sekolah yang ada di Kota Balikpapan. 

“Setibanya di BSCC Dome, mereka akan diterima langsung Wali Kota Balikpapan dan unsur Forkompinda,” katanya.

Zulkifli menjelaskan persiapan saat ini sudah mencapai 98 persen, mengingat di lokasi yang sama yaitu BSCC Dome baru saja digunakan agenda lain.

Menurutnya para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) saat ini tengah memasang lapak mereka di BSCC Dome. 

Dikemukakannya pada kegiatan tersebut. Pemerintah Kota Balikpapan melibatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian (KUMKMP).

“Keterlibatan UMKM ini merupakan inisiatif dari Wali Kota Balikpapan, sebab kegiatan tersebut merupakan momen masyarakat berkumpul,” tuturnya.

Lanjut Zulkifli seperti yang pernah dikatakan Wali Kota Rahmad Mas’ud saat apel HUT Kota Balikpapan menginginkan pemerataan UMKM di Kota Balikpapan dari yang sebelumnya di Lapangan Merdeka sentris, sekarang dilaksanakan di BSCC Dome Balikpapan.

“UMKM ini nanti dilibatkan dan berada di sekitar Dome. Dengan begitu bisa menjadi pendapatan UMKM,” katanya. (Adv)
 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024