Kirab piala Adipura Kencana yang berhasil diraih Kota Balikpapan menggandeng taaruf atau perkenalan Ramadan 1445 Hijriah yang dilaksanakan di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome, Minggu ini.

"Agenda kirab piala Adipura ini adalah iring-iringan mobil membawa piala, termasuk sekolah yang mendapatkan Adiwiyata Mandiri," kata  Sekretaris Daerah (Setdakot) Kota Balikpapan Muhaimin, Kamis (7/3).

Muhaimin menjelaskan, kirab Adipura tersebut sesuai arahan wali kota sebagai bentuk syukur karena Kota Balikpapan kembali mendapatkan Adipura Kencana. Balikpapan menjadi satu-satunya untuk kategori kota besar yang meraih penghargaan.

Adapun rute yang akan dilalui nanti mulai dari Jalan Jenderal Sudirman, lalu menuju Jalan Marsma Iswahyudi, sampai Syarifudin Yoes. Selanjutnya menuju Gedung KNPI dan memutar di PDAM, kemudian berhenti di depan Kantor Dinas Pekerjaan Umum. 

"Nanti sudah menunggu pasukan ta'aruf Kemenag yang akan Kirab Ramadan, lalu bersama-sama dari Dinas PU melanjutkan dengan berjalan kaki menuju Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome," sebut Muhaimin. 

Ia mengemukakan kegiatan Taaruf Ramadan dilaksanakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) yang juga dilaksanakan Ahad nanti dan terpusat di BSSC Dome.

Menurut Muhaimin, leading sektor kegiatan ini adalah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan yang juga didampingi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pengampu kegiatan titik pantau Adipura. 

Sejumlah OPD lainnya diantaranya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Dinas Kesehatan, Dinas PU dan Disperkim serta sejumlah sekolah-sekolah yang mendapatkan Adiwiyata Mandiri. Hal ini juga cara kami menunjukkan sekolah-sekolah yang berprestasi di bidang kebersihan supaya bisa jadi motivasi sekolah lainnya. 

Selain sekolah penerima Adiwiyata yang ikut meramaikan, akan ada sekolah-sekolah lain juga menambah semarak kegiatan ini. Kemungkinan ada sekitar 1.500 orang yang terlibat. Tapi untuk kendaraan ada sekitar 30 kendaraan saja.

Pada kegiatan tersebut Pemerintah Kota Balikpapan juga melibatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian (KUMKMP).

"Keterlibatan UMKM ini merupakan inisiatif dari Wali Kota Balikpapan, sebab kegiatan tersebut merupakan momen masyarakat berkumpul," tuturnya.

Seperti yang pernah dikatakan Wali Kota Rahmad Mas'ud saat apel HUT Kota Balikpapan yang juga digelar di BSCC Dome Balikpapan, wali kota menginginkan pemerataan UMKM di Kota Balikpapan dari yang sebelumnya di Lapangan Merdeka sentris, sekarang dilaksanakan di BSCC Dome Balikpapan.

"UMKM ini nanti dilibatkan dan berada di sekitar Dome. Dengan begitu bisa menjadi pendapatan UMKM," ungkapnya. 

Muhaimin menggambarkan nantinya BSSC Dome dipastikan akan dipenuhi masyarakat yang menonton atau sekedar berwisata kuliner, dimana kegiatan tersebut nantinya digelar pada pagi hari.

"Yakni hari Minggu start pukul 08.00 Wita dan selanjutnya di BSCC Dome pukul 09.00 Wita," katanya.(Adv).

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024