Penajam ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara, menjamin persediaan daging di pasar akan mencukupi, seiring meningkatnya permintaan konsumen menjelang bulan Ramadan sampai perayaan Idul Fitri 2014.

"Selama bulan puasa, kebutuhan konsumsi daging dapat meningkat tiga kali lipat dibanding hari biasa," ungkap Kabid Peternakan dan Hewan, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Penajam Paser Utara, Arief Murdiatno, Selasa.

Pada hari biasa kata Arief Murdiatno, Dinas Pertanian dan Peternakan setiap hari melakukan pemotongan lima ekor sapi ditambah lima hingga tujuh ekor yang dilakukan pedagang untuk memenuhi kebutuhan daging di daerah itu.

Sedangkan pada bulan ramadan kata dia, kebutuhan masyarakat akan konsumsi daging meningkat signifikan.

Di wilayah Penajam Paser Utara lanjut Arief Murdiatno, kebutuhan daging sapi saat ramadan mencapai 100 hingga 200 ekor per bulan sementara pada hari biasa hanya mencapai 60 ekor per bulan.

Saat ini tambah dia, Kabupaten Penajam Paser Utara memiliki sekitar 10.680 ekor sapi dan jumlah itu dinilai dapat menutupi sekitar 80 persen kebutuhan daging di daerah itu, sementara sisanya 20 persen akan didatangkan dari luar daerah.

"Kami tetap memantau persediaan ternak sapi dari petani. Mempertahankan populasi agar tidak ada pengurasan secara habis-habisan. Kami juga berharap kepada peternak agar tetap mempertahankan sebagian ternaknya," ujar Arief Murdiatno.    (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014