Pembangunan Bandar Udara (Bandara) Very Very Important Person (VVIP) serta pembangunan jalan tol dapat memangkas waktu perjalanan menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Tadi saya sampaikan dari DKI Jakarta menuju ke IKN cukup jauh, dari Balikpapan menuju IKN juga hampir 2 jam karena bandara dan jalan tol belum rampung," tutur Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat melakukan grounbreaking Bank BNI IKN, Kamis (29/2).

Kendati demikian waktu tempuh itu akan menjadi kenangan bila bandara jadi, sehingga jarak menuju ke KIPP hanya 15 menit.

"Itu dekat sekali, hanya 15 menit dari bandara ke KIPP," ungkapnya.

Bandara VVIP IKN juga terletak di kawasan Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara yang telah dilakukan groundbreaking oleh Presiden

Pembangunan Bandar Udara VVIP IKN diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 31 Tahun 2023.

Dalam Perpres itu diatur mengenai percepatan pembangunan dan pengoperasian Bandar VVIP IKN yang dilakukan untuk pengembangan infrastruktur penerbangan dan pendukung konektivitas lKN.

Jokowi melanjutkan, bila melalui Kota Balikpapan dan tol sudah rampung maka jarak tempuh yang sebelumnya 2 jam terpangkas menjadi hanya 45 menit.

"Sebelumnya saya minta 30 menit tapi ternyata ada belokan sehingga hanya bisa 45 menit," ungkapnya,

Jokowi berharap, fasilitas itu dapat meningkatkan trafik di IKN agar kota Nusantara itu semakin ramai.

"Dan kami harap Kota Nusantara ini hidup tidak hanya di pemerintahan, di bayangan saya kalo fasilitas sudah selesai konser besar bisa dilaksanakan di IKN," demikian.

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024