Bulog Kantor Cabang (Kancab) Samarinda, Kalimantan Timur, menjamin stok beras masih mampu mencukupi untuk kebutuhan masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H yang diperkirakan jatuh pada 10-12 April 2024.
 
"Bahkan stok beras di kami masih mampu mencukupi untuk kebutuhan masyarakat hingga Mei karena hari ini yang ada di gudang sebanyak 3.000 ton beras medium," ujar Kepala Bulog Kancab Samarinda Maradona Singal di Samarinda, Jumat.
 
Kemudian akan datang lagi beras dari luar provinsi sekitar 500 ton yang dikirim melalui kapal, diperkirakan tiba di Samarinda pada akhir Februari ini atau awal Maret 2024, sehingga enam daerah yang menjadi kewenangan Bulog Kancab Samarinda dijamin tidak akan kekurangan beras.
 
Enam daerah yang menjadi tanggung jawab Bulog Samarinda untuk dipenuhi kebutuhan beras medium tersebut adalah Kota Bontang, Samarinda, Kabupaten Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, dan Kabupaten Mahakam Ulu.
 
Sedangkan untuk beras premium yang merupakan beras dengan harga sedikit lebih tinggi ketimbang medium, ia mendorong para pedagang di Samarinda dan sekitarnya, mengisi stok beras dari distributor baik dari Pulau Jawa maupun Pulau Sulawesi untuk stabilitas stok di toko mereka sendiri agar harga tidak meninggi.
 
Sedangkan dalam upaya stabilisasi harga atau untuk meredam inflasi, saat ini ia bersama pihak terkait telah, sedang, dan akan rutin menggelar operasi pasar maupun pasar murah di kabupaten/ kota.
 
Operasi pasar yang dilakukan adalah dengan menambah suplai beras ke pasar, sedangkan pasar murah dilakukan dengan menjual secara langsung ke konsumen dengan harga di bawah harga pasar atau sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET).
 
"Saat ini yang sedang jalan operasi pasar adalah dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Samarinda, yakni kemarin sudah melaksanakan di Sungai Dama dan masih ada dua titik lagi di Samarinda yang sedang kami siapkan operasi pasar dalam waktu dekat," ujar Maradona.
 
Sedangkan untuk operasi pasar ke depan pun sudah dijadwalkan, bahkan semua kabupaten/kota yang ada di wilayah kerja Bulog Kancab Samarinda sudah mengajukan permohonan kegiatan pasar murah untuk menyambut Ramadhan dan Idul Fitri baik dari Dinas Koperasi maupun Dinas Ketahanan Pangan masing-masing daerah.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024