Di tengah guyuran hujan dengan intensitas sedang yang melanda Kota Balikpapan, satu rumah warga di pemukiman padat penduduk RT 04, Jalan Gunung 1, Kelurahan Margomulyo, Kecamatan Balikpapan Barat ludes terbakar, Minggu (4/1).
 
"Api bermula dari lantai 2 salah satu rumah warga sekitar pukul 22.30 wita," kata Abdul Karib ketua RT setempat dilokasi kejadian. 
 
Saat kebakaran, kata Abdul, pemilik rumah sedang berada di lantai dasar dan api dengan cepat membesar sehingga pemilik rumah pun lantas menyelamatkan diri keluar rumah.
 
"Total di rumah itu ada 1 Kepala Keluarga (KK) 5 jiwa," sebutnya.

Lurah Margomulyo Syarifah Nur Alifah mengatakan, sebagai tindak lanjut pihaknya secepatnya mengambil langkah untuk melaporkan kejadian ini ke Dinas Sosial (Dinsos) dan Pemerintahan pagi ini.

"Untuk sementara waktu, mereka diungsikan ke rumah keluarganya, sampai nanti ada bantuan datang setelah kami sampaikan laporan," tuturnya.

Kabid Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan Bambang Subagyo mengatakan, api baru bisa dipadamkan 1 jam kemudian dan yang terbakar satu unit rumah tingkat 2.

"Kami terkendala kurangnya suplai air di lokasi kejadian," ungkapnya.

Menurut Bambang, hydrant yang tak jauh dari lokasi kejadian debit airnya sangat kecil, lantas pihaknya harus mengambil suplai air di kawasan lain.

Selain itu, pemadam juga harus menyambung selang untuk bisa menjangkau rumah yang terbakar, sebab rumah itu berada di gang yang hanya bisa dilalui dua unit kendaraan roda dua. Dari badan jalan ke titik api diperkirakan berjarak sekitar 100 meter.

Oleh sebab itu, sebagai langkah antisipasi api akan meluas, pihaknya mengerahkan lebih dari lima unit Pemadam Kebakaran (Damkar).

"Kami kerahkan dari unit Balikpapan Barat yang terdekat serta di bantu oleh unit Balikpapan Utara, dan dibantu segenap unsur relawan kemudian Perumda Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB) untuk suplai air dan Brimob Polda Kaltim," sebutnya.

Adapun untuk penyebab kebakaran masih belum diketahui, "nanti akan dilakukan penyelidikan oleh pihak kepolisian," imbuhnya.

Hingga informasi ini diturunkan, pemadam masih melakukan pendinginan di lokasi kebakaran.
Sejumlah kawasan di Kota Balikpapan yang dilanda banjir setelah hujan mengguyur sejak pukul 18.30 wita. (Antara-H.O dokumentasi warga)
 
 
Sebelum peristiwa kebakaran itu, Balikpapan yang diguyur hujan mulai dari intensitas tinggi hingga sedang sekitar pukul 18.30 wita juga sempat dilanda banjir di sejumlah titik.

Dari pantauan Antara, banjir terjadi di sekitaran Jalan Jendral Ahmad Yani, dan persimpangan Jalan Mayjend Sutoyo serta Jalan Jendral Ahmad Yadi Balikpapan Tengah serta di kawasan kawasan Damai tepatnya di jalan ke arah MT.Haryono Balikpapan Kota.
 
Di kawasan pemukiman warga, seperti di gang Mufakat serta Jalan Beller yang masih di kawasan Damai, banjir bahkan hingga se-paha orang dewasa.

Sebelumnya, Koordinator Bidang Data dan Stasiun Kelas 1 SAMS Sepinggan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Balikpapan Diyan Novrida sempat menurunkan peringatan dini melalui grup aplikasi pesan singkat milik BMKG bahkan hingga 3 kali.

Yaitu sekitar pukul 18.15 wita, 21.05 wita, dan 22.21 wita yang berisikan tentang himbauan hujan dengan intensitas tinggi hingga sedang di sejumlah wilayah di Provinsi Kalimantan Timur.

"Untuk level waspada berpotensi menimbulkan jalan basah dan licin kemudian jarak pandang berkurang dan juga genangan air di daerah pesisir atau dataran rendah dengan skala kecil," demikian Diyan.



 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024