Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto menyiapkan Kota Balikpapan sebagai kota lengkap sebagai kota penunjang Ibu Kota Negara (IKN).Nusantara

"Karena kota lengkap  banyak sekali manfaatnya ," katanya di Balikpapan, Selasa (16/1).

Ia menjelaskan kota lengkap adalah seluruh bidang tanah terpetakan dan lengkap baik secara spasial maupun yuridis yang bertujuan untuk meminimalisir pergerakan mafia tanah.

Lanjutnya, selain itu mendukung proses digitalisasi administrasi tanah, serta memberikan kepastian hukum hak atas tanah kepada masyarakat.

Pada kesempatan itu Menteri Hadi Tjahjanto menyerahkan dari rumah ke rumah sertifikat tanah yang dibuat melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Kepala BPN Balikpapan Herman Hidayat menambahkan ada 36 sertifikat yang dibagikan Pak Menteri dari total  keseluruhan sebanyak 15.150 yang juga merupakan target BPN Balikpapan tahun 2023.

Menurutnya dengan bertambahnya jumlah sertifikat itu, maka Kota Balikpapan sudah mendaftarkan sebanyak 239.986 bidang tanah dari keseluruhan 263.876.

"Artinya capaian di Kota Balikpapan  sudah mencapai 90,95 persen," sebutnya.

Herman menjelaskan setelah pembagian sertifikat  secara simbolis oleh bapak menteri kemudian akan dilanjutkan oleh lurah setempat untuk membagikan kepada masyarakat.

Mengingat Kota Balikpapan sedang menuju ke kota lengkap maka ia kembali memasang target di tahun 2024.

"Tahun 2024 target kami tidak begitu banyak, hanya per 1000 sertifikat, dan di tahun ini juga kami targetkan Balikpapan sebagai kota lengkap," katanya.

Menurutnya, angka 1000 itu untuk menyisir kawasan yang belum memiliki sertifikat agar seluruh wilayah di Kota Balikpapan semua memiliki sertifikat.

Herman mengimbau bagi masyarakat yang tanahnya belum memiliki sertifikat dan hendak mengurus sertifikat bisa langsung ke kantor kelurahan.

"Disana ada dokumennya, dan nanti tinggal lapor ke RT kemudian di sampaikan ke lurah baru nanti dari lurah sampaikan ke kami," jelasnya. 

Herman menambahkan masyarakat juga bisa mengurusnya via daring melalui situs web BPN,   ada sejumlah pelayanan termasuk pelayanan sertifikat tanah..

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024