Persiba Balikpapan memperpanjang harapan bisa bertahan di Liga 2. Dalam pertandingan playoff di Stadion Batakan Jumat 12/1, Beruang Madu menundukkan si Kebo Landoh 3-0.

Gol pertama Persiba berawal dari bola liar dari tembakan penalti yang berhasil diblok kiper Rizqi Abhirama, membentuk tiang gawang sebelah kanan, dan tak disangka kembali ke tengah, ke hadapan striker Persiba Song Sunday Longji. Tak ayal lagi, kesempatan kedua itu tak disia-siakan penyerang asal Nigeria itu. Tembakan kerasnya langsung menghujam gawang, menggetarkan jala, dan hanya bisa dilihat pasrah oleh Abhirama yang belum lagi bangkit dari upayanya mengeblok penalti Longji.

Sebelum penalti itu, Longji yang sedang melompat tinggi di udara menyambut umpan lambung dari Ali Nouri Zangir diterjang gelandang sayap Persipa, Rifan Nahumarury. Longji jatuh terguling dan wasit Irfan Wijanarko langsung menunjuk titik putih. Protes para pemain Persipa tak menggemingkan wasit.

Di babak kedua, Longji kembali mencetak gol dari hasil kerjasama dengan penyerang Persiba Ardi Ardian. Kali ini lewat sundulan kepala yang tajam, memanfaatkan umpan Ardi di menit ke-60.

Gol ketiga adalah gol khas Ardi Ardian, yang merobek pertahanan lawan dari sayap kiri, meninggalkan para bek lawan, berduel dengan kiper, dan menempatkan bola ke tiang jauh.

Pemain Persiba Balikpapan Sunday Longji dan Ali Zangir merayakan gol Longji ke gawang Persipa Pati dalam pertandingan playoff Liga 2 di Stadion Batakan, Balikpapan, Jumat 12/1/2024. Longji mencetak 2 gol dalam kemenangan 3-0 Persiba atas Persipa. (ANTARA/novi abdi) (ANTARA/novi abdi)

Selama pertandingan sendiri Persiba tampil mendominasi. Lini tengah di mana ada Ali Zangir dan Yusuf Effendi sukses menguasai lapangan dan bisa memainkan penguasaan bola.

Persipa sendiri memberi perlawanan cukup sengit. Beberapa kali para penyerang Laskar Saridin menembus hingga kotak penalti Beruang Madu. Namun berhasil dicegat para bek Persiba yang dikomando M Robby, atau penyelesaian akhir yang buruk.

“Penampilan anak-anak hari ini luar biasa. Mereka berjuang maksimal dan tampil ngotot. Bila hilang bola, segera direbut kembali.” kata pelatih Persiba Rudy Eka Priyambada.

Persiba kini mengumpulkan nilai 3 dari 2 pertandingan. Pada 17 Januari mendatang Persiba akan kembali menjamu Sulut United di Stadion Batakan. Dalam dua laga di babak reguler, Persiba tak beruntung lawan tim asal Minahasa itu.

“But now we will fight as we have shown today,” tekad Longji. 
 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024