Pemerintah Kota Balikpapan  menggelar pesta rakyat di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome pada malam puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Balikpapan ke 127 yang jatuh pada 10 Februari.

"Pesta Rakyat ini rencananya digelar di pekan ketiga Februari atau minggu pertama Maret 2024," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Balikpapan Sudirman Djayaleksana  sebagai Panitia HUT Kota tahun ini  di Balikpapan, Kamis (11/1).

Dia menuturkan selama rangkaian agenda pesta rakyat nantinya, dua jalur yang melintasi pintu masuk BSCC Dome atau tepatnya di sepanjang jalan Ruhui I mulai dari Kantor Perumda Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB) hingga kantor PKK Balikpapan akan ditutup.

Sudirman menjelaskan bahwa penutupan jalur itu digunakan untuk lokasi parkir di satu jalur, kemudian untuk jalur lainnya akan digunakan sebagai tempat-tempat kuliner yang menyiapkan makanan dan minuman sebanyak 18.000 porsi secara gratis untuk seluruh masyarakat di Kota Balikpapan.

Menurutnya pesta rakyat tersebut melibatkan UMKM yang akan menjual makanan dan minuman hasil kerjasama antara Pemkot dengan pelaku UMKM se Kota Balikpapan. 

Lanjutnya, tak hanya itu,  agenda pesta rakyat juga dilengkapi dengan konser musik lintas generasi atau dari tiga generasi masing-masing tahun 1990-an, 2000 dan milenial serta dangdut Pantura an.

Sudirman menuturkan, untuk seluruh kegiatan pendanaan akan ditanggung oleh Pemkot Balikpapan yang bekerjasama dengan perusahaan swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serta Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Balikpapan.

“Jadi selain dari panitia pelaksana, kami juga mengajak pihak sponsor serta juga ada dari anggaran kepanitiaan,” jelasnya.

Dia menuturkan HUT Kota Balikpapan itu juga dimeriahkan kegiatan lainnya seperti perlombaan olahraga mulai dari basket, karate, hingga IMI kontes slalom mobil.

"Tapi itu agendanya menyesuaikan, sebab HUT Kota ini berdekatan dengan masa tenang dan pencoblosan atau Pemilu 2024 yang jatuh pada 14 Februari," ujar Sudirman.
 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024