Perkembangan kasus COVID-19 di Provinsi Kalimantan Timur dilaporkan oleh Dinas Kesehatan setempat masih terkendali dengan fakta sebanyak tujuh wilayah di kabupaten dan kota berstatus zona hijau atau dalam posisi aman dari penyebaran virus corona.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim dr Jaya Mualimin mengatakan tujuh wilayah berstatus zona hijau di antaranya Berau, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Paser, Kutai Timur, Mahakam Ulu dan Bontang.

Sedangkan tiga wilayah yang berada di zona kuning berada di Penajam Paser Utara, Balikpapan dan Samarinda.

"Dalam situasi aman ini kami tetap mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu waspada oleh penyebaran virus, mengingat perkembangan kasus COVID-19 secara nasional masih menjadi perhatian serius," kata Jaya Mualimin di Samarinda, Jumat.

Untuk wilayah yang kini berstatus zona hijau, Jaya mengimbau kepada masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan, minimal penggunaan masker saat melakukan aktivitas di luar rumah.

Baca juga: PPU jadi wilayah terbanyak kasus COVID-19 se-Kaltim

Berdasarkan laporan Dinas Kesehatan Kaltim hari Jum’at, 22 Desember 2023, tidak ada tambahan kasus atau 0 kasus, sehingga total kasus positif saat ini berjumlah 22 kasus.

Sedangkan kasus sembuh dilaporkan ada tambahan 2 kasus berasal dari Balikpapan, total sembuh hingga kini berjumlah 8 kasus.

Sementara untuk kasus meninggal dunia dilaporkan tidak terjadi tambahan kasus.

"Untuk pasien yang dirawat baik isolasi mandiri maupun dirawat rumah sakit berjumlah 8 kasus," ucap Jaya.*

Baca juga: Kasus COVID-19 diproyeksi turun pada Februari 2024

Pewarta: Arumanto

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023