Masyarakat Kota Samarinda, Kalimantan Timur mendapatkan kesempatan untuk mencicipi makan siang gratis di Jalan AW Syahranie, dengan menu bervariasi setiap harinya.

Kegiatan sosial tersebut dipelopori oleh Anggota Dewan Perwakilan Daerah ( DPD) RI Nanang Sulaiman, yang dimulai sejak 1 Desember 2023.

" Kami akan terus laksanakan kegiatan sedekah makan siang gratis ini sampai bulan Februari atau mendekati masa tenang pemilu," kata pria yang akrab disapa Baah Nanang itu di Samarinda, Jumat.

Kegiatan berbagi seperti ini menjadi hal yang rutin dilakukan, karena memang dia mengaku senang untuk berbagi dengan sesama.

" Momen seperti ini sering kami lakukan saat bulan puasa, kami sering membuat acara buka puasa gratis untuk masyarakat Sanarinda," jelasnya.

Lokasi malam siang gratis ini tepatnya berada di depan perumahan Villa Tamara, disitu terdapat sebuah tenda yang berdiri di pinggir jalan, lengkap dengan kursi, serta hidangan prasmanan.

" Setiap hari kami buka kecuali hari Minggu pada  jam makan siang, sekitar jam 11.30 Wita, makanan sudah tersedia, sedangkan di hari Jumat, kami siapkan makanan setelah shalat Jumat," kata Abah Nanang.


Ia menyediakan 200 porsi lebih hidangan, terdiri dari lauk pauk, sayur, nasi, air mineral, hingga es campur.

Dan, setiap harinya menu berganti-ganti, tapi tetap menyajikan masakan ala rumahan.

Menunya setiap hari bervariasi, kalau hari ini ikan, mungkin besoknya ayam, sayurnya juga ganti-ganti," imbuhnya.

Tak butuh waktu lama, hanya sekitar 1 jam, seluruh makanan akan ludes diserbu masyarakat.

Ia tak pernah membatasi kalangan mana saja yang boleh singgah ke tenda makan siang gratisnya, menurutnya siapa saja boleh mampir dan makan.

Nanang menjelaskan, yang mampir biasanya orang kantoran, ojol, tukang parkir, sopir angkot, mahasiswa dan masyarakat sekitar.

Silahkan saja, siapa saja boleh mampir, bahkan ada orang Tenggarong pernah makan di sini, karena waktu itu kebetulan lewat," ucap abah Nanang.

Terkait masakan yang disajikan, Nanang menggandeng masyarakat sekitar pelaku UMKM untuk memasak serta melayani masyarakat yang datang.

"Tukang masaknya kami libatkan masyarakat sekitar sini, kami percayakan untuk setiap hari memasak, termasuk melayani masyarakat yang datang," jelasnya.

Setelah program makan siang gratis, nantinya akan dilanjutkan dengan program pemberian bantuan kepada anak Yatim Piatu di seluruh kabupaten/kota se-Kaltim.

Bantuan tersebut tak hanya berupa uang tunai, melainkan dalam bentuk lainnya, seperti seragam sekolah, alat tulis, mukena, baju koko dan keperluan lainnya.

"Jadi, nanti sistemnya setiap bulan akan diserahkan bantuan-bantuan itu, misalnya bulan ini Samarinda, bulan depannya Kutai Kartanegara, dan daerah-daerah lainnya."katanya.

Sementara itu, Junaidi, yang sehari-hari bekerja sebagai juru parkir, mengaku sangat bersyukur dengan adanya makan siang gratis dari Nanang Sulaiman.

Menurutnya, dengan adanyanya makan siang gratis, dapat mengurangi pengeluaran hariannya.

"Alhamdulillah, lumayan tidak keluar uang untuk beli makan. Tentu bersyukur, saya sebagai masyarakat biasa yang sehari-hari hanya jadi tukang parkir, senang ada yang seperti ini," jelasnya.
 

Pewarta: Rahmad

Editor : Arumanto


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023