Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Pengprov Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) Kaltim tengah melakukan persiapan menggelar kejuaraan nasional (Kejurnas) anggar pada 16-22 Juni 2014.

Ketua Umum Pengprov Ikasi Kaltim Muslimin di Samarinda, Minggu, mengatakan kejurnas bakal mempertandingkan semua nomor, mulai sabel, degen dan floret. Kejurnas direncanakan dilaksanakan di Gedung Anggar Kompleks Polder Air Hitam Samarinda.

"Kejurnas akan mempertandingkan dari pra kadet, kadet, junior dan senior putra dan putri. Kemungkinan nantinya akan diikuti 29 daerah," jelas Muslimin.

Muslimin menjelaskan bahwa dari kejurnas ini, Pengprov Ikasi menargetkan lebih banyak atlet yang lolos dalam pemusatan latihan nasional (Pelatnas) SEA Games Singapura.

Saat ini sudah ada dua peanggar Kaltim yang tergabung di Pelatnas, yaitu Ima Safitri (sabel putri) dan Ayu Miftahul Jannah (floret putri).

"Kita targetkan empat atlet lagi lolos ke Pelatnas. Tapi syaratnya mereka minimal masuk empat besar di kejurnas," ungkap Muslimin.

Dikatakan Muslimin, agenda kejurnas tersebut nantinya akan digabung dengan peresmian Gedung Anggar. Gedung tersebut akan diresmikan Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman bersama Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak dan Wali Kota Syaharie Jaang.

"Kejurnas ini pertama kalinya kita laksanakan di Gedung Anggar yang notabene gedung milik Ikasi Kaltim. Mudah-mudahan dengan adanya gedung ini akan semakin memotivasi atlet kita untuk bertanding di kejurnas," tegasnya.

Dalam persiapannya, dikatakan Muslimin, atlet Kaltim lebih dulu akan bertanding di Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) yang dilaksanakan 28 Mei mendatang.

Muslimin mengatakan, Kejurprov ini sekaligus ajang pemanasan bagi atlet sebagai salah satu persiapan Porprov, September nanti.

"Setelah Kejurprov, atlet yang kita seleksi untuk kejurnas kita masukkan TC selama tiga minggu. Setelah itu mereka langsung ke kejurnas," tegas Muslimin. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014