Ketua KONI Provinsi Kaltim Rusdiansyah Aras memberikan apresiasi tinggi terhadap capaian atlet Kaltim secara umum terhadap hasil Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (BK PON) yang cukup baik, yakni berada pada peringkat 10 besar dengan memboyong 82 emas.

Perolehan ini sesuai dengan harapan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim M Agus Hari Kesuma, yakni sejak awal pelaksanaan BK PON yang digelar di sejumlah daerah secara regional, Agus memberikan semangat kepada para atlet untuk dapat mempertahankan empat besar.

"Kaltim memperoleh sangat baik dengan peringkat empat besar dan mampu memboyong 82 medali emas. Capaian ini melampaui target kita di BK PON yang hanya 70 emas, atau ada 12 emas di luar target. Target utama kami adalah prestasi sebagai daerah terbaik di luar Pulau Jawa," kata Rusdi.

Pernyataan ini disampaikan Rusdiansyah saat pembukaan pelatihan bagi para pelatih semua cabang olahraga yang dikemas dalam "Coaching Clinic". Giat ini digelar di Sekretariat KONI Kaltim, Jalan Kesuma Bangsa, Samarinda pada Sabut, 11 November 2023.

Kegiatan ini merupakan evaluasi dari hasil tes fisik yang diselenggarakan sebelum BK PON. Dari tes fisik ini diketahui ternyata 35 persen kualitas fisik atlet Kaltim memang masih di bawah target, sehingga diharapkan hal ini bisa jadi evaluasi bersama untuk fokus pada pelatihan fisik.

Sementara itu, peserta dalam pelatihan ini adalah para pelatih yang cabang olahraganya tergabung dalam KONI Kaltim.

Pelatihan pelatih ini menghadirkan pelbagai pemateri berkompeten. Pertama Dikdik Jaffar yang selama ini mendampingi Kaltim sebagai konsultan teknik. Ia akan memberikan paparan teknis soal tugas dan kewajiban seorang pelatih.

Kemudian, ada Ego Arifin selaku Wakil Ketua I KONI Kaltim, yang membidangi binpres, bakal menyampaikan paparannya seputar bidang yang ia pimpin.

Terdapat pula dua dokter yang juga menjadi narasumber, dr Sadik, mengulas seputar doping dan dr Robby tentang pendekatan dari sisi psikis.

Salah seorang narasumber coaching clinic, Didik Jaffar menerangkan, pelatihan ini fokus pada peningkatan prestasi. Pelatih, adalah pilar penting dalam meningkatkan kualitas itu.

Upaya yang dilakukan KONI untuk meningkatkan kualitas prestasi pelatih menjelang ajang PON tentu mendapatkan dukungan dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, bahkan terus mendorong agar prestasi yang dicapai Kaltim terus ditingkatkan. (Adv)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023