Samarinda (ANTARA Kaltim) – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 40 Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kencana Kota Samarinda menggelar donor darah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Samarinda.

“Alhamdullilah kegiatan donor darah  ini jumlahnya cukup banyak, ada sekitar  61 orang yang  mendonorkan darahnya dari 76 orang yang mendaftar, termasuk Direktur Utama, Alimudin dan jajaran Direksi  H. Yusriansyah dan Said Abdul Hamid “ kata  Koordinator Pelaksana Chamdani.

Kegiatan donor darah ini katanya  rutin dilakukan oleh karyawan  dan karyawati dan jajaran Direksi dilingkungan PDAM Tirta Kencana Samarinda setiap tiga bulan sekali, namun pada peringatan HUT PDAM ke 40 jumlah pendonor jumlahnya lebih banyak.

Seperti diketahui kata Chamdani bahwa kebutuhan darah untuk Samarinda per harinya hampir mencapai 80 kantong. Jadi  dengan  adanya  kegiatan donor darah  yang dilakukan oleh PMI cabang Samarinda istilahnya jemput bola , door to door   akan   lebih mudah untuk mendapatkan stok darah lebih banyak dibandingan  hanya menunggu orang yang datang ke unit donor darah  PMI Samarinda.

 Direktur Bidang Umum PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda, Yusriansyah menambahkan dan berharap dengan kegiatan donor darah  ini dapat membantu kebutuhan stok darah di PMI cabang Samarinda serta dapat dimanfaatkan bagi pasien yang membutuhkannya.

Sementara itu  Dr. Helda Fitriani dari UDD Cabang Samarinda menyampaikan bahwa PMI Cabang Samarinda hanya mendapatkan  rata-rata sekitar 35 kantong  darah per harinya
“Memang untuk syarat seseorang dapat mendonorkan darahnya sangat ketat disamping berat badan dan tensi darah yang harus ideal , juga HB nya  harus mencukupi untuk laki-laki antara 14 – 16, perempuan 12 – 14,” ujar Helda Fitriani (*)

Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014