Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sedang melakukan persiapan untuk membenahi Hotel Atlet di Kompleks GOR Kadrie Oening Sempaja Samarinda, pada 2024 mendatang, sehingga hotel ini akan berfungsi lagi seperti tahun-tahun sebelumnya.

Kepala Dispora Kaltim M Agus Hari Kesuma (AHK) mengaku telah mengusulkan pembenahan Hotel Atlet kepada Sekretaris Provinsi Kaltim Sri Wahyuni, untuk mengembalikan fungsi hotel tersebut sebagaimana awal pembangunannya, apalagi sebelumnya hotel ini berfungsi baik, hanya akhir-akhir ini tidak terurus.

Ia melanjutkan bahwa berdasarkan informasi dari Sekprov Kaltim, tahun depan sudah ada rencana pembenahan untuk hotel atlet. Namun ia mengatakan untuk lebih rinci tentang rencana detail, belum dilakukan komunikasi lebih lanjut dengan Sekprov Kaltim.

“Insya Allah tahun depan mendapat pembenahan. Bu Sekda lebih paham itu karena beliau adalah Ketua TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) Kaltim,” kata Agus lagi.

Ia menjelaskan bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kaltim yang mengalami kenaikan, sehingga ada peluang anggaran untuk melakukan pembenahan terhadap bangunan yang telah lama tidak berfungsi tersebut.

“Pemprov Kaltim sepakat untuk memelihara kembali Hotel Atlet dengan proyek dimulai tahun 2024 mendatang. Kami mohon doa semua pihak agar rencana ini terwujud, sehingga PAD Kaltim akan bertambah dari unit kegiatan di Hotel Atlet,” kata Agus.

Hotel ini awalnya dibangun untuk menampung para atlet se-Indonesia, ketika pada 2008 lalu Provinsi Kaltim menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON), sehingga keberadaan hotel ini sangat vital sebagai penunjang PON 2008 itu.

Ia berharap dalam pembenahan hotel ini juga akan ada penambahan nuansa baru, jadi tidak sekadar melakukan perbaikan atau pembenahan, tapi juga ada fasilitas pendukung yang bisa lebih menghidupkan suasana hotel.

“Nuansa baru tersebut misalnya penambahan beberapa gerai, ada coffee shop, kemudian ada arena skateboard indoor. Bahkan bisa juga ditambah dengan pusat perbelanjaan, sehingga hal ini dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD),” katanya. (Adv)

 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023