Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim HM Mukmin Faisyal melakukan inspeksi peninjauan  ujian nasional (UN) di sejumlah sekolah menengah atas dan sekolah kejuruan di Kota Balikpapan.  Wagub menilai pelaksanaan UN tahun ini jauh lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah setelah peninjauan yang kita lakukan hari ini di tiga sekolah, semua berjalan lancar seperti yang kita harapkan,” sebut Mukmin di sela-sela sidak pelaksanaan UN hari pertama di Balikpapan, Senin(14/4).

Dia mengatakan, dari sejumlah sekolah yang ditinjau semua telah menjalankan ketentuan pelaksanaan ujian dan tertib sesuai ketentuan. Berdasarkan laporan pendistribusian soal juga tidak mengalami masalah.

“Sampai sekarang tidak ada laporan kekurangan soal, karena distribusi soal berjalan dengan  baik. Termasuk di daerah perbatasan, karena justru lebih dulu dikirim,” kata Mukmin.

Wagub menilai, pelaksanaan UN tahun ini jauh lebih baik dari tahun sebelumnya yang sempat mengalami kendala dalam pendistribusian soal ujian. Dirinya juga berharap pelaksanaan UN di Kaltim dan Kaltara juga berjalan baik.

“Kita berharap siswa-siswa kita dapat memperoleh hasil yang baik dalam UN tahun ini,” kata Mukmin.

Sidak pertama diawali di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 yang terletak di kawasan Sepinggan, Balikpapan. Di sekolah ini, tercatat 261 siswa yang mengikuti UN, ditambah 16 siswa dari SMK Mulawarman  yang mengikuti UN di SMKN 4 Balikpapan.

Sidak kemudian dilanjutkan ke SMKN 3 Balikpapan yang terletak tidak jauh dari SMKN 4. Siswa yang mengikuti UN berjumlah 663 siswa. Dari jumlah itu belum termasuk 51 siswa dari SMK swasta lain yang melaksanakan ujian di SMKN 3.

Sedangkan untuk tingkat SMA, Wagub Mukmin yang didampingi Staf Ahli Gubernur Kaltim Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Bohari Yusuf, Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kaltim Dayang Budiati dan Kepala Disdik Balikpapan Heri Misnoto, meninjau pelaksanaan UN di SMA Negeri 5 dan SMA Negeri 1 Balikpapan.

Kepala Disdik Balikpapan Heri Misnoto mengatakan, UN SMA dan sederajat di Balikpapan diikuti sebanyak 7.636 siswa di 54 sekolah, termasuk sekolah swasta yang tidak dapat melaksanakan ujian sendiri karena jumlah siswanya kecil dan digabung dengan sekolah lain.

“Ya ini untuk mempermudah, kita juga siapkan ujian di luar sekolah misalnya di rumah sakit, tetapi belum ada laporan hingga hari ini,” ujar Heri.

Dalam sidak itu, Wagub Mukmin juga menyempatkan melihat soal-soal UN tingkat SMP yang telah tiba serta disimpan dan dijaga ketat di gudang penyimpanan sementara Kantor Pos Balikpapan. (Humas Prov Kaltim/gie)

 





Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014