Penajam (ANTARA Kaltim) - KPU Kabupaten Penajam Paser Utara, optimistis tingkat partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih pada Pemilu Legislatif 2014 bisa mencapai 70 persen.

"Kami memang menargetkan 75 persen tingkat partisipasi masyarakat menggunakan hak suaranya pada pemilu ini, tapi kami optimis tingkat partisipasi masyarakat akan mencapai 70 persen," kata Ketua KPU Kabupaten Penajam Paser Utara Feri Mei Effendi di Penajam, Rabu.

Dari hasil pantauan yang dilakukan KPU di tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di empat kecamatan, lanjut Feri, jumlah pemilih yang datang berkisar antara 60 sampai 70 persen dari jumlah DPT di masing-masing TPS.

"Kami melihat masyarakat yang datang dan terdaftar di TPS sebelum melakukan pencoblosan mulai pukul 07.00 hingga pukul 13.00 Wita," ujar Feri.

Jumlah pemilih berdasarkan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu Legislatif di Kabupaten Penajam Paser Utara sebanyak 118.407 pemilih.

Pada pemilihan kepala daerah 2013 lalu, masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara yang tidak menggunakan hak suaranya sekitar 29,69 persen atau sebanyak 34.993 jiwa dari total 117.856 pemilih yang terdaftar dalam DPT.

Sedangkan pada pemilihan gubernur Kaltim, masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara yang tidak menggunakan hak suaranya sekitar 32 persen.     (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014