Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda menjalin kerjasama dengan Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Timur dalam peningkatan kualitas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Kepala Unit Layanan Terpadu (ULT) Unmul Samarinda, Senin, Enny Fathurachmi mengungkapkan saat ini akses menuju ruang PPID di lantai 1 Unmul sulit dijangkau oleh kaum difabel

Ia berharap akses tersebut bisa dimudahkan sehingga mahasiswa maupun masyarakat yang punya kebutuhan khusus bisa dengan mudah mendapatkan informasi di ruang PPID.

"Kami punya rencana kegiatan PPID untuk lingkup fakultas pada tanggal 15 November 2023 mendatang dan meminta Kadis Kominfo Kaltim untuk mengarahkan konsep acara tersebut," kata Enny pada pertemuan dengan Kepala Dinas Kominfo Muhammad Faisal, terkait peningkatan aksesibilitas PPID di Samarinda.

Enny menambahkan pertemuan tersebut juga membahas hasil benchmarking Unmul ke UGM dan UNS terkait PPID.

Sementara itu, Kepala Diskomimfo Kaltim, Muhammad Faisal memberi saran membentuk PPID pelaksana di setiap fakultas yang ada di Unmul.

Faisal menekankan pentingnya bimbingan teknis terkait Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan PPID di Universitas Negeri di Kota Samarinda itu.

"Kami sarankan PPID Utama di Unmul untuk berkoordinasi dengan setiap fakultas, menunjuk 1-2 orang dan memberikan Surat Keputusan sebelum acara," kata Faisal.

Dalam hal ini Faisal juga menyoroti pentingnya pelantikan oleh Rektor sebelum bimtek atau sosialisasi tentang PPID.

Unmul menyambut saran dari Faisal dan berkomitmen untuk menyusun konsep surat ke setiap fakultas serta menunjuk Faisal selaku Kepala Diskominfo Kaltim sebagai nara sumber pada kegiatan terkait PPID.( Adv/Diskominfo Kaltim)

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023