Sebanyak empat kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diprakirakan mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat pada Minggu-Senin (15-16/10), sedangkan enam kabupaten/kota lainnya cerah, berawan, hingga hujan ringan.

"Dampak hujan lebat disertai petir antara lain banjir, sungai meluap, jalan licin, dan tanah longsor, sehingga semua pihak harus waspada," kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Iwan Munandar di Balikpapan, Sabtu.

Prakiraan cuaca ini telah disampaikan ke pihak terkait di kabupaten/kota masing-masing, termasuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tingkat provinsi maupun kabupaten/kota agar dapat dilakukan mitigasi untuk meminimalisir dampaknya ke masyarakat.

Empat daerah yang diprakirakan hujan lebat disertai petir itu adalah Kabupaten Berau, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, dan Kabupaten Mahakam Ulu.

Sedangkan enam daerah lainnya yang cerah, berawan, dan hujan ringan, adalah Kota Bontang, Balikpapan, Samarinda, Kabupaten Paser, Penajam Paser Utara, dan Kabupaten Kutai Timur.

Di Kota Samarinda misalnya, hujan ringan diprakirakan terjadi pada Minggu pukul 14.00 hingga 20.00 WITA, hampir di semua kecamatan. Kemudian Senin dini hari di Kecamatan Loa Janan Ilir, Sungai Kunjang, Palaran, dan Samarinda Seberang. Senin Subuh berpotensi hujan terjadi di seluruh Kecamatan di Samarinda.

Sedangkan rincian dari empat kabupaten yang diprakirakan hujan lebat disertai petir adalah di Berau terjadi pada Minggu sekira pukul 17.00 WiITA di empat kecamatan yakni Tanjung Redeb, Gunung Tabur, Sambaliung, dan Teluk Bayur.

Pukul 20.00 WITA hujan lebat disertai petir di tiga kecamatan yakni Kelay, Pulau Derawan, dan Kecamatan Segah, sedangkan sebagian besar kecamatan lainnya hujan ringan hingga pukul 23.00 WITA, dan pada Senin Subuh hujan ringan hanya di Kecamatan Maratua.

Ia melanjutkan di Kabupaten Kutai Barat, hujan ringan berpotensi terjadi di hampir semua kecamatan pada Minggu mulai pukul 17.00 hingga 23.00 WITA.

Sedangkan hujan petir di Kutai Barat diprakirakan terjadi pada Senin dini hari sekira pukul 02.00 WITA di sembilan kecamatan yakni Long Iram, Melak, Muara Pahu, Barong Tongkok, Jempang, Linggang Bigung, Muara Lawa, Nyuatan, dan Kecamatan Sekolaq Darat.

Di Kabupaten Kutai Kartanegara, hujan ringan pada Minggu mulai pukul 14.00 hingga 23.00 WITA diprakirakan terjadi di hampir semua kecamatan, sedangkan hujan lebat disertai petir diprakirakan hanya terjadi di Kecamatan Tenggarong Seberang sekira pukul 17.00 WITA.

Kemudian pada Senin dini hari sekira pukul 02.00 WITA hujan lebat disertai petir di Kecamatan Tabang dan Kenohan, namun sebagian besar kecamatan lainnya hujan ringan, dan pukul 05.00 pagi hujan disertai petir hanya di Kecamatan Tabang.

"Untuk Kabupaten Mahakam Ulu, hujan disertai petir diprakirakan terjadi pada Senin dini hari hanya di Kecamatan Long Hubung, sedangkan sebagian besar kecamatan lainnya diprakirakan hujan ringan mulai Minggu pukul 14.00 hingga Senin pukul 08.00 WITA," kata Iwan.

 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023