Sejumlah informasi seputar Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan Kantor Berita ANTARA Biro Kaltim pada Senin (9/10), mulai Penjabat Gubernur Kaltim meminta percepatan penyerapan anggaran semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), hingga rembuk stunting Kaltim meningkatkan sinergi provinsi dengan kabupaten dan kota.
 
Berikut rangkuman informasi seputar Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.
 
1. Percepatan serapan APBD
 
Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik meminta semua kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di wilayah kerjanya agar mempercepat penyerapan anggaran.
 
"Pertemuan dengan semua kepada OPD bertujuan mengonsolidasikan internal dan evaluasi kinerja mereka," kata Akmal Malik usai menggelar rapat pimpinan pertama di Gedung Odah Etam, Samarinda, Senin.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
2. Standardisasi perpustakaan
 
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kalimantan Timur meningkatkan layanan mereka lewat penerapan Standard Nasional Perpustakaan (SNP) di semua perpustakaan Benua Etam.
 
Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca sekaligus Plh Kepala DPK Kaltim, Taufik di Samarinda, Senin, mengatakan terdapat kriteria minimal agar layanan perpustakaan memenuhi SNP.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
3. Potensi pajak alat berat
 
DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) membahas pajak kendaraan alat berat masuk dalam rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang pajak daerah dan retribusi daerah saat menggelar rapat finalisasi.
 
"Kita ingin memaksimalkan potensi pajak dan retribusi daerah, terutama dari sektor alat berat, kendaraan bermotor, dan bahan bakar," kata Ketua Pansus DPRD Kaltim Pembahas Raperda Pajak dan Retribusi Daerah Sapto Setyo Pramono di Samarinda, Senin.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
4. Rembuk stunting
 
Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur menggelar Rembuk stunting tingkat provinsi tahun 2023 untuk meningkatkan sinergi antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dalam menurunkan angka stunting di wilayah setempat.  
 
"Kami melakukan koordinasi dengan seluruh dinas terkait untuk percepatan penurunan stunting sesuai dengan amanat Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021," kata Jaya usai Rembuk Stunting di Hotel Mercure Samarinda, Senin.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
5. Operasi hybrid di RSUD AWS
 
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdoel Wahab Sjahranie (AWS) kini memiliki ruang operasi hibrid atau ruang bedah yang dilengkapi dengan perangkat pencitraan medis canggih seperti C-Arms tetap, pemindai tomografi komputer (CT) sinar-X , atau pemindai pencitraan resonansi magnetik (MRI).
 
Direktur RSUD AWS dr David Hariadi Mashjoer menjelaskan dengan perangkat pencitraan ini memungkinkan pembedahan invasif minimal untuk mengurangi trauma bagi pasien dan sayatan pada pasien, serta melakukan prosedur pembedahan melalui satu atau beberapa sayatan kecil.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023