Penajam (ANTARA Kaltim) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara telah menyelesaikan penyortiran dan pelipatan surat suara baik untuk DPRD kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI maupun surat suara untuk Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Sekretaris KPU Kabupaten Penajam Paser Utara, Hasanullah, Senin mengatakan, dari hasi penyortitan dan pelipatan tersebut, ditemukan kekurangan 6.214 lembar surat suara.

"Semua surat suara yang kami diterima sudah disortir dan dilipat baik surat suara untuk DPRD kabupaten dan provinsi, DPD maupun surat suara untuk DPR RI," ungkap Hasanullah.

DKekurangan surat suara 6.214 lembar itu kata Hasanullah terdiri, surat suara untuk DPRD kabupaten kurang 209 lembar, DPRD provinsi kurang 3.629 lembar surat suara, surat suara DPD kurang 1.357 lembar serta DPR RI kurang 1.019 lembar surat suara.
 
Sesuai dengan berita acara, lanjut Hasanullah, KPU Kabupaten Penajam Paser Utara menerima surat suara sebanyak 473.628 lembar dari KPU Provinsi Kaltim.

"Jumlah tersebut, sesuai dengan daftar pemilih tetap (DPT) ditambah 2 persen," kata Hasanullah.

Namun tambah Hasanullah, setelah dilakukan penyortiran dan pelipatan, hanya ada 469.885 surat suara yang terdiri,i 457.678 surat suara dalam kondisi baik dan dilipat serta sebanyak 2.307 surat suara dalam kondisi rusak.

"Kerusakan surat suara itu karena mengalami robek atau berlobang, tinta yang meluber di kertas suara sehingga merusak kertas surat suara," ujar Hasanullah.

Sementara, penyortiran dan pelipatan surat suara, khususnya untuk DPRD kabupaten kata Hasanullah, dilakukan bertahap sesuai dengan daerah pemilihan (dapil) agar tidak bercampur dengan dapil lain.

Sedangkan untuk kekurangan surat suara, Hasanullah menyatakan, sudah melaporkan ke KPU Provinsi Kaltim untuk menindaklanjuti kepada KPU Pusat, agar bisa segera diberikan kekurangan surat suara tersebut dan diharapkan sudah diterima sebelum tanggal 2 April 2014.

"Jangan sampai kekurangan surat suara itu diberikan di atas tanggal 4 April 2014, karena sudah banyak kegiatan yang harus kami laksanakan," ungkap Hasanullah. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014